Antisipasi Penyakit, Siswa SDN Kampung Melayu XI Dicek Kesehatan

PENGECEKAN: Siswa SDN Kampung Melayu XI mengikuti pengecekan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Sukadiri. (Randy/Banten Ekspres)

TANGERANG — Siswa SDN Kampung Melayu XI menda­patkan pengecekan kesehatan untuk mencegah adanya pe­nyakit saat memasuki musim hujan. Ini karena saat musim hujan, kondisi tubuh siswa ren­tan terkena penyakit.

Semua siswa mulai dari kelas I sampai kelas 6 dilakukan pe­ngecekan kesehatan. Mereka diperiksa mulai dari kondisi tubuh, suhu tubuh dan penge­cekan lainnya, yang rentan ter­kena penyakit saat musim hujan.

Bacaan Lainnya

Kepala SDN Kampung Melayu XI Aan Suhaenih mengatakan, program pengecekan kesehatan tersebut bekerjasama dengan pihak puskesmas. Hal tersebut untuk mencegah adanya pe­nyakit saat musim hujan. Pa­salnya, jika siswa terkena pe­nyakit maka mereka akan ke­tinggalan pelajaran.

”Pemeriksaan kesehatan dila­kukan untuk mengantisipasi saat musim hujan. Hal tersebut untuk mengetahui kesehatan siswa. Jika ada siswa yang men­derita sakit, maka bisa diberikan penanganan dari puskesmas,” ujarnya kepada Banten Eks­pres, Senin (8/1).

Aan menambahkan, tidak hanya pengecekan kesehatan saja, pihak sekolah juga telah meminta kepada petugas keber­sihan sekolah untuk melakukan pembersihan setiap hari. Ini agar tidak ada sampah ataupun tempat nyamuk berkembang biak.

”Bukan hanya kesehatan siswa saja, melainkan lingkungan se­kolah juga dilakukan pember­sihan sebagai langkah antisipasi. Artinya, kita lebih baik mence­gah daripada terjadi baru kita lakukan penanganan,”paparnya
Ia menjelaskan, pengecekan kesehatan gratis, tidak ada pu­ngutan biaya. Soalnya, program tersebut juga masuk dalam pro­gram puskesmas untuk mendatangi sekolah melakukan pengecekan kesehatan gratis agar siswa tetap sehat.

”Alhamdulillah, sejauh ini anak didik saya sehat semua. Tidak ada yang punya penyakit parah. Mereka sudah dilakukan scree­ning oleh petugas kesehat­an secara detail. Tetapi saya juga meminta orangtua di ru­mah agar tetap waspada saat musim hujan. Jika anaknya sakit, segera bawa ke puskesmas atau rumah sakit,”tutupnya.(ran)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait