Siapkan 3.000 Hektare untuk Kawasan Industri Cileles

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya sedang memberikan sambutan. Foto Pemkab Lebak untuk Tangerang Ekspres

BANTENEKSPRES.CO.ID  – Jalan Tol Serang-Panimbang (Serpan) tahap I sepanjang 26,5 kilometer yang sudah beroperasi sejak 2021 dapat mempercepat tumbuhnya kawasan industri di wilayah Banten selatan.

“Kami optimistis kawasan industri nantinya bisa menyerap ribuan tenaga kerja lokal,” kata Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya kepada wartawan di Rangkasbitung, Minggu, 30 Juli 2023.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, kata Iti, tahap II dan III Rangkasbitung-Panimbang tengah dikerjakan dan ditargetkan rampung 2024.

Keberadaan Jalan Tol Serpan sepanjang 83,67 kilometer ini dipastikan dapat mempercepat tumbuhnya kawasan sektor industri di wilayah Banten selatan.

 “Di wilayah Banten selatan terdapat beberapa kecamatan yang masuk wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang dan hingga kini masih tertinggal jauh dibandingkan Serang, Cilegon dan Tangerang,” ujar Iti.

Menurut dia, pembangunan jalan tol itu dipastikan akan menjadi kawasan industri dan ekonomi baru, karena terkoneksi dengan Tol Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Depok, dan Bandung.

Pemerintah daerah, kata Iti, sudah menyediakan lahan untuk kawasan sektor industri seluas 3.000 hektare di Kecamatan Cileles sebagai pintu gerbang Banten selatan.

“Kami berharap kawasan industri itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” tuturnya.  

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Lebak, Yosep Muhammad Holis mengatakan, pembangunan Jalan Tol Serpan memberikan efek berganda (multiplier effect) yang luar biasa terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah Banten selatan.

Kehadiran tol dipastikan bisa mengatasi urbanisasi ke luar daerah dan tenaga migran ke luar negeri, karena bisa menyerap lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat.

Bahkan, kata dia, Kecamatan Cileles akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi baru dengan berdiri Kawasan Industri Terpadu (KIT) seluas 3.000 hektare.

 Di lokasi KIT, nantinya banyak investor yang menanamkan modalnya untuk pengembangan usaha di bidang industri kendaraan otomotif hingga pengelolaan perikanan, peternakan, perkebunan, dan pertambangan. Apalagi di Banten selatan yakni di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak sudah terdapat industri Pabrik Semen Merah Putih.

 “Kami berharap jalan tol dapat menargetkan kemiskinan ekstrem nol persen tahun 2024,” ungkapnya.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) RI Mulyadi Jayabaya menambahkan, Kadin Pusat sangat mendukung akan pembangunan Jalan Tol Serpan, sehingga bisa mempercepat kawasan industri di Lebak-Pandeglang.

“Kami melihat ke depan kawasan industri dan kawasan wisata dapat menyerap tenaga kerja lokal, sehingga tingkat pendapatan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik,” kata mantan Bupati Lebak ini.(*)

Reporter: Ahmad Fadilah

Editor: Sutanto Ibnu Omo

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait