Cerita Asal-usul TPI Cituis Kabupaten Tangerang, Perlawanan Nelayan Kepada Tengkulak

Kabupaten Tangerang
TPI CITUIS: Aktivitas pelelangan ikan di TPI Cituis, Kabupaten Tangerang. TPI Cituis ini selalu ramai dengan aktivitas jual-beli mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. (Foto: TPI Cituis Kabupaten Tangerang)

PAKUHAJI — Secara geologis, Kabupaten Tangerang adalah daerah dataran rendah dengan luas wilayah mencapai 959,61 kilomter persegi dan ketinggian antara 0 hingga 85 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Di bagian utara Tangerang terdapat pesisir pantai 51,2 kilometer yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa dan bersebelahan dengan Teluk Jakarta.

Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, dikenal memiliki banyak daerah pesisir pantai yang tersebar di beberapa Kecamatan. Selain itu, terdapat pelabuhan-pelabuhan dengan beragam aktivitas nelayan, salah satunya adalah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pelabuhan Cituis, Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji.

Bacaan Lainnya

TPI Cituis ini selalu ramai dengan aktivitas jual-beli mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Para nelayan yang membawa hasil tangkapan lautnya langsung membawanya ke aula lelang untuk dijual kepada para calon pembeli atau yang biasa disebut Bakul.

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait