Kunjungan Perpusda Membludak, Minat Baca Warga Meningkat

Sejumlah siswa poto bersama usai berkunjung ke Perpusda, Saidja Adinda, Tangerang Ekspres.

BANTENEKSPRES.ID – Perpustakaan Daerah Saidja Adinda Kabupaten Lebak mencatat, selama 2023 terdapat peningkatan yang cukup signifikan dalam daftar kunjungan Perpustakaan terbesar di Kabupaten Lebak, yakni sebanyak 35.191 orang.

“Kunjungan meningkat yang sebelumnya pada 2022 sebanyak 25.218, orang,” kata Pustakawan Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebak, Lilis Sutanti, kepada wartawan, Rabu 3 Januari 2024.

Bacaan Lainnya

Menurut Lilis, dengan meningkatnya jumlah kunjungan dapat mempengaruhi peningkatan minat baca masyarakat Kabupaten Lebak. Ia menjelaskan, kebanyakan pengunjung perpustakaan merupakan pelajar dan mahasiswa. Namun, tidak sedikit pula pengunjung yang datang dari luar kota.

“Biasanya tiap bulan selalu ada seperti dari Merak atau Cilegon, bahkan tangerang. TK atau SD gitu rombongan,” jelasnya.

Lilis menerangkan, tak hanya kunjungan terhadap perpustakaan langsung, Perpustakaan Keliling (Pusling) dari Dispusar Lebak juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yakni kunjungan Pusling tahun 2022 itu sebanyak 6.308 orang, di tahun 2023 meningkat mencapai 18.640 orang.

Dengan meningkatnya kunjungan tersebut, Dispusar Lebak merencanakan penambahan satu unit mobil Pusling dari APBD. Tentunya kata Lilis, pihaknya berupaya ikhtiar semak simal mungkin untuk meningkatkan literasi di Lebak.

“Kunjungan ke perpustakaan keliling juga meningkat. Kita bersyukur minat masyarakat dalam membaca sangat tinggi,” terang Lilis.

Sementara itu, Fais Laela, Mahasiswa Universitas Latansa mengaku dirinya rutin berkunjung ke Perpustakaan Saidja Adinda untuk mencari refrensi buku atau sekedar mencari suasana untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

“Rutin sih, setidaknya seminggu sekali saya sering kesini (perpustakaan),” ucap Fais saat ditemui di Perpus.(*)

Reporter : A Fadilah

Editor     : Andy

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait