Hujan Deras Semalaman Terjadi Longsor di Kelurahan Kademangan Kecamatan Setu

Petugas BPBD Kota Tangsel menutup tanah yang longsor di Kelurahan Kademangan menggunakan terpal. Polsek Setu

BANTENEKSPRES.CO.ID,TANGSEL – Hujan deras terjadi di Kota Tangsel sejak Selasa (2/1/2023) malam hingga Rabu (3/1/2023) pagi. Akibatnya, membuat tanah longsor di RT. 7, RW 2, Perumahan Pinang Mas Blok B3 Nomor 05 Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangsel.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel M. Faridzal Gumay mengatakan, longsor terjadi pada Rabu (3/1/2024) sekitar pukul 02.05 WIB.

Bacaan Lainnya

“Akibat longsor ini ada dua kepala keluarga (KK) dan dua rumah yang terdampak,” ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Rabu (3/1/2024).

Gumay menambahkan, rumah yang terkena dampak adalag miluk Arifin. Penyebab tanah longsor adalah curah hujan yang cukup deras. “Dampak kejadian ini turap belakang rumah amblas,” tambahnya.

Sementara iti, Kapolsek Cisauk AKP Dhady Arsya mengaku, pihaknya bersama BPBD Kota Tangsel dan Trantib Kecamatan Setu telah melakukan pengecekan ditemukan adanya tanah longsor di RT Perumahan Pinang Mas RT 07/02 Kademangan, Setu.

“Hasil pengecekan ditemukan adanya tanah longsor akibat kontur tanah yang miring disertai hujan sejak Selasa (2/1/2024) malam,” ujarnya.

Dhady menambahkan, upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya longsor susulan yaitu menutup area longsor dengan terpal guna mencegah masuknya air hujan. Kemudian, diatasnya terdapat rumah warga sehingga berpotensi menimbulkan korban jika tidak segera dilakukan perbaikan.

“Wilayah Kelurahan Kademangan memiliki banyak potensi tanah longsor karena terletak rumah yang berada di pinggir tebing-tebing curam, bekas galian pasir dan tanah dan kontur tanah tidak rata,” tutupnya. (*)

Reporter : Tri Budi

Editor     : Andy

 

 

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait