Pemkot Tangerang Relokasi Pedagang Pasar Anyar, Satpol PP: Kami Siapkan Armada dan Tenaga Bantuan

Pemkot Tangerang
Wawan Fauzi, Kasatpol PP Kota Tangerang. (Credit: Ahmad Syihabudin/Banten Ekspres)

TANGERANG—Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berupaya secara optimal dan sesuai target agar relokasi para pedagang di Pasar Anyar dapat berjalan sesuai waktu yang telah di ditetapkan, yakni Jumat, 26 Januari 2024 nanti.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman, menuturkan, proses relokasi pedagang Pasar Anyar telah berlangsung sejak tanggal 1 Januari 2024 yang dimulai dengan sosialisasi pemindahan pedagang, dan dilanjutkan pada proses pemindahan dan pengangkutan kebutuhan pedagang mulai tanggal 20 hingga 24 Januari 2024.

Bacaan Lainnya

“Pada tanggal 25 Januari akan dilakukan pemagaran, termasuk persiapan pelaksanaan pembangunan,” terang Herman, saat memimpin Apel Relokasi Pedagang di area Pasar Anyar, Senin (22/1/2024) malam.

Sekda, juga mengingatkan, agar petugas gabungan terdiri dari Satpol PP, Dishub, DLH, Disbudpar di backup TNI-Polri tidak mengambil tindakan di luar ketentuan yang dapat berdampak pada stabilitas situasi di Pasar Anyar.

Ia meminta petugas lakukan pendekatan secara persuasif dan humanis agar tidak terjadi tindakan perlawanan dari pedagang.

“Hingga tanggal 24 Januari, bantu mereka yang mau pindah, kita juga sudah siapkan armadanya untuk bantu pengangkutan,” kata Herman.

Sementara di lokasi yang sama, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Tangerang, Wawan Fauzi mengatakan pihaknya dibantu TNI-Polri bukan untuk menertibkan para pedagang. Namun untuk membantu perpindahan pedagang hingga batas waktu yang telah ditentukan.

“Kita siapkan armada (truk-truk,red) pengangkut plus tenaga orang untuk membantu pedagang pindah sementara ke lokasi yang telah disiapkan oleh Pemkot. semua ini Gratis,” ujar Wawan.

Dia berharap adanya kesadaran dan pemahaman dari para pedagang bahwa mulai hari ini, Senin (22/1) malam hingga Rabu (24/1) malam untuk segera pindah.

Wawan memastikan juga, tidak akan ada penindakan pada proses pemindahan sementara ini. Karena, revitalisasi pasar anyar tersebut juga untuk kepentingan pedagang itu sendiri.

“Tidak akan ada penindakan, program revitalisasi pasar anyar ini harus tetap berjalan dan harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat khususnya para pedagang. Hasil dari Revitalisasi pasar anyar sudah pasti buat mereka para pedagang,” tandasnya.

Untuk tambahan informasi, Pemkot Tangerang telah menyiapkan tiga titik relokasi bagi pedagang Pasar Anyar, di antaranya Pasar Ramadani, Plaza Shinta dan Metropolis Town Square. (Adv)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait