Mengurangi Sampah, Optimalkan TPS 3R

mengurangi
Warga membersihkan lokasi salah satu TPS 3R yang ada di Kota Tangsel. (DLH For Banten Ekspres)

SERPONG—Berbagai cara dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel untuk mengurangi sampah yang dihasilkan warga setiap harinya. Salah satunya dengan mengoptimalkan program reduce, reuse dan recycle (3R) di TPS 3R.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Wahyunoto Lukman mengatakan, saat ini diwilayahnya terdapat puluhan TPS3R. “Dari 54 kelurahan ada 46 TPS3R yang masih aktif sampai sekarang,” ujarnya kepada bantenekspres.co.id, Senin (22/1/2024).

Bacaan Lainnya

Wahyunoto menambahkan, dahulu jumlah TPS3R lebih banyak namun, saat ini berkurangnya. Hal tersebut lantaran lokasi sekitar TPS3R yang awalnya tanah kosong kina menjadi permukiman atau perumahan. “Jadi sekitarnya sudah beralih fungsi makanya keberadaan TPS3R berkurang,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Persampahan pada DLH Kota Tangsel, Rastra Yudhatama mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan program TPS3R untuk mengurangi sampah. “Kita terus berupaya optimalkan ratusan TPS3R untuk mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Cipeucang,” ujarnya.

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait