Rumah Diskum Diharap Tingkatkan Kinerja Usaha Mikro, Salurkan Produk UMKM Lewat e-Commerce

INOVASI: Kepala Diskum Kabupaten Tangerang, Anna Ratna, meyakini butuh pasar global yang ada di media internet untuk bisa mengembangkan UMKM yang ada di Kabupaten Tangerang. (Diskum For Banten Ekspres)

TANGERANG — Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskum) Kabu­paten Tangerang menginisiasi ino­vasi terbentuknya Rumah Diskum atau UMKM dalam program kerja 2024. Rumah Diskum akan menam­pung seluruh produk usaha mikro Kabupaten Tangerang dan diper­jualbelikan melalui e-commerce atau pasar internet.

”Inovasi ini masih dalam kajian, namun kami yakin di tahun ini bisa rampung, agar meningkatkan daya beli masyarakat pada produk lokal,” ungkap Kepala Diskum Kabupaten Tangerang, Anna Ratna, Jumat (12/1).

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Diskum akan mela­kukan pelatihan dan fasilitasi le­galitas HKI beserta sertifikat halal dan bantuan dari Unit Pelayanan Dana Bergilir (UPDB). Bantuan ini bisa menawarkan bunga rendah dengan tujuan memudahkan dan mempercepat pengembangan usa­ha.

”Itu kita lakukan dan fasilitasi agar usaha mikro dapat naik kelas men­jadi industri kecil serta meng­hindari pelaku usaha meminjam ke tempat lain dengan bunga yang besar, nan­tinya akan menyulitkan dalam me­ngembangkan usahanya,” tuturnya.

Selain itu, Diskum merencanakan pembentukan lembaga inkubator untuk inkubasi produk usaha mikro. Lembaga ini nantinya menjadi wa­dah bagi usaha mikro dalam mem­bantu pengembangan usaha­nya baik manajemen maupun teknologi sederhana. Sehingga hasil usaha mikro bisa lebih baik kualitasnya dan lebih luas pemasarannya.

Pihaknya akan terus melanjutkan program yang ada di bidang pe­masaran produk dan pameran produk lokal.

”Kita adakan Bazar Ramadhan di beberapa titik wilayah Kabupaten Tangerang dan Festival Al-Amjad lalu festival kuliner di Ketapang Aquaculture,” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap ini semua bisa berjalan sesuai rencana, tentu banyak hal positif yang dirasakan tetutama membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat, meningkatkan daya beli serta menurunkan inflasi yang ada di Kabupaten Tangerang. (sep/apw)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait