Pj Gubernur Dukung Silaturahmi Akbar Dzuriyat Kesultanan Banten

Ketua Yasumba KH TB Fathul Adzim Chatib (kiri) Pj Gubernur Banten Al Muktabar (kedua dari kiri) dan TB Imam Ibrohim usai melakukan ziarah di Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten, Kota Serang, Sabtu, 28 Oktober 2023.

KOTA SERANG, BANTENEKSPRES.CO.ID – Rencana kegiatan Silaturrahmi Akbar Keluarga Besar Dzuriyat Kesultanan Banten, mendapat dukungan dari Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

Secara langsung, Al Muktabar mengunjungi kediaman Ketua Yasumba, KH Tb Fathul Adhzim Chatib untuk menyampaikan dukungan tersebut, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Pj Gubernur Banten Al Muktabar juga untuk ziarah kubur ke makam Sultan Maulana Hasanudin Banten dan Residen Banten Pertama, KH TB Achmad Chatib.

Menurut Al Muktabar, rencana Silaturahmi Akbar Keluarga Besar Dzurriyat Kesultanan Banten itu cukup positif. Silaturahmi ini, kata Al Muktabar, masuk dalam bagaian rangkaian HUT Provinsi Banten.

“ini (Kedatangan, red) bagian dari dukungan dari Pemprov Banten. Semua sudah kita upayakan. Semaksimal mungkin pemerintah hadir,” kata Al Muktabar.

Orang nomor satu di Banten ini juga mengatakan, dukungan riil yang akan diberikan adalah dengan memastikan kawasan kesultanan Banten akan lebih rapi dari sebelumnya.

“Agar kawasan bisa lebih maksimal penataannya. Kalau masih ada kurang-kurangnya, kita upayakan lagi. Ini kan pusatnya Banten,” ujarnya.

Pada bagian lain, Kyai TB Imam Ibrohim, Ketua Panitia Pelaksana Silaturahim Akbar Dzuriyat Kesultanan Banten menerangkan, silaturahmi itu akan digelar pada 12 November mendatang. Rencananya, acara akan dihelat di Banten Islamic Center, Kawasan Kesultanan Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang.

“Ini acara silaturrahim para keturunan Tubagus dan Ratu se-Nusantara. Jadi, yang kita undang tidak hanya yang berasal dari garis keturunan ayah tetapi juga keturunan dari garis ibu,” kata Imam.

“Di dalamnya kita akan adakan musyawarah dan membentuk Naqobah atau pencatatan nasab Sultan Banten yang merupakan bagian dari Dzuriyat Rasulullah SAW,” terang Gus Ibra sapaan akrab TB Imam.

Jika tak ada aral melintang, Maulana Habib Luthfi yang saat ini sebagai Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden), Abuya Muhtadi Cidahu dan Habib Taufiq Assegaf akan hadir.

“Karena, nenek beliau (Maulana Habib Luthfi, red) sebagai keturunan Banten dari garis ibu,” terangnya.

Sementara, Ketua Yasumba, KH TB Fathul Adzim Chatib, mengatakan, acara itu dari awal ia inginkan. Dalam hal ini, ia memiliki ide bahwa akan tercipta kerukunan dan kebersamaan antara keluarga besar dzuriyat dengan kenadziran Sultan Maulana Hasanudin Banten.

“Pesan saya yang penting kerjakan ini dengan baik. dan, Lillahi taala. Jangan ada tendensi apa-apa,” tutup salah satu ulama kharismatik di Banten ini. (*)

Reporter : E. Sahroni

Editor: Ifan R Abdullah

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait