Perbaiki Irigasi Sawah Agar Air Mengalir Rata, DPKP Kabupaten Tangerang Cek Lapangan

MERATA: DPKP Kabupaten Tangerang melakukan rehabilitasi beton saluran tersier dan normalisasi saluran serta sumur bor di persawahan di Desa Kubang, Kecamatan Sukamulya agar aliran air mereta.. (Dinas For Banten Ekspres)

TIGARAKSA — Pendangkalan terjadi di saluran irigasi per­sawahan di Desa Kubang, Ke­camatan Sukamulya. Meski pada tahun anggaran 2016-2017 diperbaiki namun saat ini kembali mengalami pen­dangkalan. Dampaknya banyak sawah yang tak ditanami.

Diungkap Kepala Dinas Per­tanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang Asep Jatnika mengatakan, per­baikan yang dilakukan pada tahun 2016-2017 lantaran sa­luran irigasi persawahan rusak. Setelah diperbaiki kembali terjadi pendangkalan yang mem­buat petani kesulitan men­dapat air untuk mengaliri sawah mereka dan tidak dapat ditanami.

Bacaan Lainnya

”Memang benar di desa Ku­bang Kecamatan Sukamulya ada lahan sawah yang tidak tertanami selama bertahun-tahun. Itu karena kondisi sa­­luran irigasi yang kurang baik mulai dari hulu hingga ke wi­layah Desa Kubang aki­batnya tidak ada air pada sa­luran,” jelasnya kepada Banten Ekspres, Selasa (23/1/2024).

Lanjutnya, sekitar tahun 2016 hingga 2017 sudah ada nor­malisasi saluran sekunder Gem­bong-Sukamulya dan Ca­riu-Pabuaran. Sehingga, ka­ta Asep, air bisa mengalir ke desa Kubang akan tetapi kondisi saat ini berbeda.

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait