Perayaan Tahun Baru 2024, Hasilkan Sampah 1.600 Ton

BERJIBAKU: Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi (kanan) dan Kabid Wasdal Ari Margono berupaya agar sampah perayaan tahun baru terkendali.(JPNN)

TIGARAKSA — Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) memaksimalkan armada pengangkutan sampah usai perayaan Tahun Baru. DLHK mencatat volume sampah antara 31 Desember 2023 dan 1Januari 2024 naik 30 persen atau sebanyak 1.600 ton per hari.

“Sampah masa tahun baru antara tanggal 31 Desember 2023-1Januari 2024 itu naik 30 persen. Dibandingkan dengan hari normal hanya mengangkut 1.100 sampe 1.200 ton,” kata Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi, Kamis (4/1).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, dari total ribuan ton volume sampah itu didominasi jenis sampah organik domestik/rumah tangga dan pasar yang ada di Kabupaten Tangerang. Selain itu, volume sampah restoran lebih dominan ketimbang hotel.

Pada momen tahun baru, produksi sampah dari restoran dan warga pun mengalami peningkatan dari hari biasanya. Penyumbang sampah terbanyak secara rata-rata berasal dari wilayah Kecamatan Kelapa Dua dan Pasar Kemis.

“Terbanyak dari Kelapa Dua, kedua dari Pasar Kemis, kalau dari tempat pusat perbelanjaan seperti Citra Raya memang itu sudah ada tempat pembuangan sampah sendiri yang dikelola mereka,” katanya.

Ia mengungkapkan, jika sampah yang dihasilkan dari sekitar 3,3 juta jiwa lebih penduduk Kabupaten Tangerang usai libur Tahun Baru itu dinilai mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan hari biasanya.

Meski demikian, sistem pengangkutan sampah di wilayahnya itu tetap masih berjalan normal dengan memaksimalkan armada atau truk yang beroperasi penuh tiap harinya.

“Kita tetap operasikan petugas setiap harinya, dengan memaksimalkan jumlah armada yang ada,” pungkas Fachrul Rozi. (sep/apw)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait