MTQ Tingkat Kab. Tangerang Seleksi Qori-Qoriah, Kejar Hat-trick Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Banten

PIALA BERGILIR: Pj Bupati Tangerang Andi Ony (kiri) menyerahkan piala bergilir MTQ kepada Sekda Moch. Maesyal Rasyid untuk diperebutkan di MTQ ke-54 Kabupaten Tangerang. (Humas Pemkab For Banten EKspres)

SOLEAR — Pembukaan Mu­shabaqah Tilawatil Quran MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Tange­rang berlangsung meriah. Dari acara yang dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Tangerang Andi Ony di Lapangan Perumahan Adiyasa Kecamatan Solear, Ka­mis (11/1) malam, diha­rapkan Kabupaten Tangerang bisa meraih hat-trick alias tiga kali meraih gelar juara umum secara beruntun.

Dalam sambutannya Andi mengungkapkan keka­gum­an­nya atas pembukaan MTQ Ke-54 di Kecamatan Solear yang meriah, bukan hanya de­file peserta dari 29 kecamatan namun juga antusias masya­rakat yang luar biasa, memenuhi are­na pembukaan. Ada 14 arena MTQ yang tersebar di beberapa titik di Kecamatan Solear dan secara keseluruhan diikuti 1.323 peserta.

Bacaan Lainnya

”Saya bangga dan sangat ter­kesan dengan pembukaan MTQ ke-54 ini. Semarak dan antusias yang luar biasa dari seluruh masyarakat. Hal ini merupakan bentuk upaya pencapaian tu­juan pembangunan keimanan,” ungkapnya.

Andi mengajak seluruh ele­men masyarakat untuk menyuk­seskan pelaksanaan MTQ ke-54 tersebut dan berharap me­lalui MTQ ke-54 di Kecamatan Solear dapat melahirkan qori qoriah terbaik yang dapat mewakili Kabupaten Tangerang di even MTQ Propinsi Banten nantinya.

”Kita sudah 2 tahun berturut-turut menjadi juara umum MTQ Tingkat Provinsi Banten, harapannya tahun ini untuk ketiga kali berturut-turut, kita bisa raih kembali dan memper­tahankan gelar juara umum MTQ tingkat Provinsi Banten,” harapnya.

Dia menandaskan pelaksa­naan MTQ bukan hanya meng­uji keterampilan membaca Al Qur’an tetapi yang lebih penting bagaimana meresapi nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an serta mengapli­kasi­kannya dalam kehidupan se­hari-hari.

”MTQ bukan hanya menguji keterampilan baca Al-Qur’an, tetapi juga menilai sejauh mana kita mampu meresapi dan meng­aplikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Untuk itu, Andi mengajak se­luruh masyarakat untuk men­jadikan MTQ sebagai mo­mentum untuk meningkatkan kualitas diri, baik dari segi spi­ritual maupun intelektual.

”Mari kita tingkatkan kualitas bacaan kita dan renungkan makna yang terkandung dalam setiap ayat yang kita baca. Saya yakin dengan semangat dan tekad yang kuat, kita akan mam­pu meraih hasil yang memuas­kan,” ajaknya.

Sementara, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid yang juga Sekretaris Daerah Kabu­paten Tangerang mengungkap­kan pelaksanaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2024 digelar di Kecamatan Solear, berlangsung selama 6 hari dimulai dari tanggal 11 hingga tanggal 16 Januari 2024.

”Pada MTQ ke 54 di Kecamat­an Solear ini sebanyak 1323 peserta dari 29 kecamatan, ini merupakan jumlah peserta terbanyak selama penyeleng­garaan MTQ tingkat Kabupaten Tangerang, dengan 14 arena,” ungkapnya.

Dia mengatakan hasil seleksi dan pemenang dari setiap ca­bang yang dilombakan akan dibina lebih lanjut, dipersiapkan secara matang untuk mewakili Kabupaten Tangerang pada MTQ Provinsi Banten.(sep/apw)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait