Jokowi Resmikan 3 Jembatan Callender Hamilton di Banten, Segini Anggarannya??

Jokowi Resmikan 3 Jembatan Callender Hamilton di Banten, Segini Biayanya?
Peresmian Jembatan pengganti Callender Hamilton (CH) Cisadane Oleh Presiden Jokowi, Senin (8/1). (Foto: Ahmad Syihabudi/Banten Ekspres)

TANGERANG, – Tiga Jembatan pengganti Callender Hamilton (CH) di Provinsi Banten diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Senin, (8/1/2024) sore.

Dua dari tiga jembatan tersebut berlokasi di Kota Tangerang, yakni Jembatan Batu Ceper, serta Jembatan Cisadane A dan B.

Bacaan Lainnya

Sementara satu jembatan lainnya berada di Karang Suraga, Cinangka, Kabupaten Serang, yakni Jembatan Tawing Satu.

Presiden mengatakan, pembangunan tiga jembatan pengganti Callender Hamilton di Banten itu menelan biaya fantastis yakni sebesar Rp 270, 5 Miliar.

Dari ketiga jembatan tersebut, Jembatan Batu Ceper menjadi jembatan yang memakan anggaran terbanyak hingga mencapai Rp 123,2 miliar.

“Tiga jembatan pengganti Jembatan Callender Hamilton di Provinsi Banten ini total biaya kontruksinya Rp 270,5 miliar,” ujar Jokowi kepada awak media,

“Yang pertama Jembatan Cisadane A dan B di Kota Tangerang biaya konstruksinya Rp 106,7 miliar, ke dua adalah Jembatan Batuceper Rp 123,2 miliar dan yang ke tiga jembatan Tawing Satu di Serang biaya konstruksinya Rp 40,6 miliar,” jelas Jokowi.

Dengan dibangunnya jembatan pengganti Callender Hamilton tersebut diharapkan, mobilitas transportasi dan pendistribusian logistik untuk masyarakat dapat semakin cepat dan lancar.

Pasalnya, Jembatan Callender Hamilton tersebut dinilai telah melebihi batas usia pelayanan sehingga masuk dalam kategori tidak layak lagi untuk digunakan. Hingga memerlukan pembangunan kembali.

Terlebih kata Jokowi, beban kendaraan yang melintasi jembatan itu semakin bertambah seiring dengan tingginya mobilitas masyarakat.

Sebab jembatan tersebut menjadi akses penghubung masyarakat dari dan menuju wilayah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Ibukota DKI Jakarta.

“Infrastruktur jembatan ini akan semakin baik untuk meningkatkan aksesbilitas jalan antar kota, antar kabupaten di Provinsi Banten,” kata dia.

“Selain itu, pembangunan jembatan ini juga diharapkan semakin memperlancar mobilitas barang, angkutan orang, angkutan logistik dan menekan biaya transportasi yang semakin efisien,” sambungnya.

Menurutnya, peresmian ini merupakan rangkaian program pembangunan 37 jembatan pengganti CH di seluruh penjuru Pulau Jawa.

“Setelah minggu lalu saya meresmikan 9 jembatan Callender Hamilton yang baru di Provinsi Jawa tengah, hari ini kami meresmikan lagi 3 jembatan Callender Hamilton di Provinsi Banten,” ucapnya.

“Terdapat 37 jembatan Callender Hamilton di Pulau Jawa yang lokasinya tersebar di beberapa provinsi, diantaranya ada 3 jembatan di Banten, 16 Jembatan di Jawa Barat, di Jawa Tengah ada 9 jembatan,” terang Jokowi.

Berdasarkan pantauan awak media peresmian jembatan Cisadane A dan B dilaksanakan berlangsung sekira pukul 17.00 WIB. Dampak dari kedatangan Jokowi ke Kota Tangerang menimbulkan kemacetan lantaran penutupan total jembatan penghubung tersebut.

Peresmian jembatan ini dilakukan secara simbolis dengan menekan tombol sirine bersama-sama yang dilanjutkan dengan menandatangani prasasti jembatan Callender Hamilton tersebut.

Terlihat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Pj Wali Kota Tangerang Nurdin turut mendampingi Presiden dalam prosesi peresmian tersebut.

Usai meresmikan jembatan pengganti Callender Hamilton tersebut, Presiden Jokowi lalu berjalan sambil menatap Sungai Cisadane terlebih dahulu.

Kemudian Jokowi mendatangi dan menyapa masyarakat Kota Tangerang yang telah menunggu di sisi lain Jembatan Cisadane yang telah menunggu sejak siang hari.

Presiden langsung dikerumuni masyarakat kota Tangerang yang sejak lama menunggu, mereka hendak bersalaman, hingga melakukam swafoto atau selfie.

Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi juga sempat menyebar ratusan kaos kepada masyarakat kota Tangerang yang datang untuk melihat langsung orang nomor satu di Indonesia tersebut. (Din)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait