Hadapi Fase Bulan Purnama, BPBD Imbau Warga Waspada Banjir ROB

NAIK: Dampak fase bulan purnama diprediksi akan membuat ketinggian air laut naik lebih tinggi dari biasanya dan mengakibatkan banjir di pesisir pantai utara Kabupaten Tangerang. (jpnn)

TANGERANG — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Dae­rah (BPBD) Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat mengatakan, pe­ringatan banjir ROB di pesisir pantai Tangerang Utara dikeluarkan Badan Meteo­rologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

”Peringatan dikeluarkan bukan saja untuk di Kabu­paten Tangerang. Tapi juga di pesisir pantai Utara Pu­lau Jawa,” jelasnya ke­pada Banten Ekspres, Rabu (24/1/2024).

Bacaan Lainnya

Ujat menuturkan, adanya fase bulan purnama dipre­diksi bisa meningkatkan tingginya pasang laut di wilayah pesisir pantai. Ka­rena itu, ia me­minta warga pesisir Tangerang Utara waspada akan da­tang­nya banjir ROB.

”Fenomena fase bulan purnama meningkatkan ketinggian pasang air laut. Dari data water level dan prediksi pasang surut ban­jir pesisir berpotensi ter­jadi di Pesisir Banten dan Jakarta,” jelasnya.

Kata Ujat, banjir di pesisir berbeda di waktu dan hari di tiap wilayah pantai. Secara umum, banjir ROB pesisir berdampak pada pelabuhan, permukiman hingga perikanan.

”Warga kita minta waspa­da dan siaga akan banjir ROB. Bila prediksi BMKG, banjir ROB di pesisir Ta­ngerang Utara terjadi di tanggal 24 hing­ga 25 Janua­ri,” jelasnya.

Reporter: Asep Sunaryo

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait