Catat Cara Urus KTP-el Online dan Offline di Kota Tangerang

Catat, Cara Urus KTP-el Online dan Offline di Kota Tangerang
Perekaman KTP-el Secara Offline di Kota Tangerang. (Credit : Ahmad Syihabudin/Banten Ekspres)

TANGERANG — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang telah menyediakan layanan kepengurusan dokumen Kartu Tanda Penduduk atau KTP-el secara online. Bagi yang ingin mengurus secara online, bisa langsung membuka website https://sobatdukcapil.tangerangkota.go.id

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Irman Pujahendra menjelaskan, untuk mengurus dokumen kependudukan KTP-el di Kota Tangerang secara offline bisa dilakukan di beberapa lokasi.

Bacaan Lainnya

Di antaranya, kantor kecamatan, Gedung Pelayanan Disdukcapil, Booth Pelayanan di Tangcity Mall atau Icon Walk Cimone serta Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tangerang.

“Sedangkan pelayanan pembuatan KTP-el di Kota Tangerang secara online bisa melalui laman website https://sobatdukcapil.tangerangkota.go.id. Permohonan online, dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun,” jelas Irman, Jum’at (19/4/2024).

Berikut Persyaratan Pembuatan KTP-el di Kota Tangerang:

1. Perekaman KTP-el pemula: KK + Akta Kelahiran/Ijazah terakhir

2. Permohonan cetak ulang KTP-el karena rusak/hilang: KK + surat keterangan kehilangan dari kantor kepolisian (untuk yg KTP-nya hilang), bagi yang rusak KK + KTP yang rusak

Sementara itu, Irman juga mengimbau masyarakat Kota Tangerang melakukan aktivitasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Diketahui, IKD merupakan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. Aplikasi IKD dapat langsung di download masyarakat melalui PlayStore pada smartphone berbasis android.

“Kelebihan IKD ialah terdapat file KTP-el dan kartu keluarga (KK) secara digital. Sehingga mempermudah verifikasi tanpa harus membawa fisik KTP atau KK. Juga terdapat Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP), serta informasi kartu BPJS kesehatan, hingga daftar pemilih pada Pemilu 2024,” katanya.

Berikut proses aktivasi identitas kependudukan digital:

1. Download Aplikasi Identitas Kependudukan Digital di Play Store

2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email aktif dan nomor ponsel aktif.

3. Lakukan Verifikasi Wajah

4. Lakukan Scan QRCode ke kantor Dispendukcapil atau Kecamatan sesuai alamat di KTP

5. Cek email dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat Identitas Kependudukan Digital dan Klik tombol AKTIVASI

6. Masukkan Kode Aktivasi yang diterima di email dan Captcha, Klik AKTIFKAN

7. Buka Aplikasi Identitas Kependudukan Digital, masukkan PIN sesuai Kode Aktivasi yang diterima di email.

Diimbau untuk langsung mengubah PIN default dengan PIN baru pada menu Ubah PIN atau Kata Kunci.

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait