Antisipasi Banjir, BankSasuci Ajak Warga Bebersih Kali dan Sungai

Antisipasi Banjir, BankSasuci Ajak Warga Bebersih Kali dan Sungai
Bersih-Bersih Kali Sabi, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, oleh BankSasuci bersama Warga, Jumat (12/1) Foto Ahmad Syihabudin/Banten Ekspres

TANGERANG, – Mengantisipasi banjir akibat intensitas hujan yang semakin meningkat di Kota Tangerang, hingga membuat sejumlah air sungai meluap. Tentunya hal ini juga menjadikan banyaknya sampah yang menggenangi kali dan sungai.

Melihat hal itu, BankSasuci Foundation menggalakan aksi bersih-bersih kali dan sungai yang dilakukan di Kali Sabi, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Jumat (12/1/2024)

Bacaan Lainnya

Aksi ini dilakukan bersama dengan puluhan relawan yang merupakan warga sekitar, serta petugas gabungan Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang.

“Aksi bersih-bersih sungai ini dilakukan sebagai langkah nyata bahwa mencegah banjir merupakan tanggung jawab bersama. Tentunya ini juga sebagai upaya menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampai ke kali dan sungai. Karena nantinya sampah akan menghambat aliran kali dan sungai dan menyebabkan banjir,” ucap Ade Yunus, Direktur BankSasuci Foundation.

Ade menuturkan Kali Sabi dipilih karena menjadi salah satu kali yang saat musim hujan tiba rentan terkena banjir. Penyebabnya tak hanya dari badan sungai yang sempit, namun juga dari timbunan sampah yang menghalangi arus sungai di Kali Sabi.

Apalagi banyak ditemukan sampah plastik, styrofoam, serta ada juga kasur dan bantal yang tersangkut di batang pohon pinggir Kali Sabi.

“Setelah kemarin Kota Tangerang diguyur hujan deras membuat air Kali Sabi meluap, sehingga medan yang harus dilalui saat membersihkan sungai ialah kedalaman sungai serta kemarin sempat ditemukan adanya buaya di kali ini. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat kami dalam membersihkan kali dan sungai,” ujar Ade.

Sementara itu, Sekretaris Camat Cibodas, Riswan Setyo Kardinto, didampingi dengan Lurah Uwung Jaya, Aceng Supriatna, mendukung penuh adanya aksi bersih-bersih sungai seperti ini.

Tentunya, kegiatan seperti ini dapat kembali menyadarkan masyarakat lainnya untuk tetap menjaga kebersihan, khususnya sungai. Apalagi di musim hujan ini apabila sungai tersendat sampah mengakibatkan air sungai meluap dan terjadi banjir.

“Dengan kali  yang bersih, akan menciptakan lingkungan yang indah dan ekosistem yang bagus. Maka ikan pun sehat dan warga bisa memanfaatkan air kali dan sungai untuk mandi atau kebutuhan lainnya. Untuk itu ayo kita mulai dari rumah dulu, dengan memilah sampah, dan tidak membuangnya ke gorong-gorong atau sungai,” tutur Riswan.

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait