Universitas Faletehan Siapkan Mahasiswa Hadapi Era Society 5.0

Sebanyak 1.200 mahasiswa baru Universitas Faletehan mengikuti PKKMB 2023 di Aula Faletehan, Rabu (20/9/2023). Foto Universitas Faletehan untuk Banten Ekspres

SERANG, BANTENEKSPRES.CO.ID – Universitas Faletehan menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 bagi mahasiswa baru di Aula Faletehan, Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (20/9/2023). Dalam kegiatan itu mahasiswa disiapkan untuk bisa menghadapi era Society 5.0.

Rektor Universitas Faletehan, Andiko Nugraha Kusuma mengatakan, mahasiswa baru merupakan generasi baru yang lahir untuk meraih kegemilangan di Era Society 5.0. Hal itu tentu saja perlu dipersiapkan agar dapat mewujudkan cita-cita universitas.

Bacaan Lainnya

“PKKMB tahun ini mengandung simbolisasi pesan dan harapan bagi seluruh mahasiswa baru. Khususnya di era Society agar dapat selaras dengan cita-cita Universitas Faletehan,” katanya.

Dengan kegiatan ini, pihaknya menyambut baik semua mahasiswa baru yang bergabung menjadi keluarga Universitas Faletehan. Ada 1.200 mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB.

“Ini kegiatan PKKMB yang mana adalah untuk menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi,” ujarnya.

Andiko mengaku, mahasiswa baru harus menjadi sosok generasi yang siap menghadapi masa depan, dengan penuh kejujuran, semangat menciptakan perubahan, kecerdasan dan kepiawaian yang mumpuni.

“Kemudian dirangkai dalam satu sikap dan kepribadian utuh dan santun, mampu beradaptasi dalam setiap perubahan, mampu menyesuaikan diri di setiap kondisi, dan mampu bertahan serta memberikan solusi dalam setiap permasalahan, dengan karakter yang bijak dan spiritualitas yang tinggi,” ungkapnya.

Ia mengaku, PKKMB di Universitas Faletehan dilaksanakan dan menjadi tanggung jawab pimpinan dan sivitas akademika Universitas Faletehan.

“Karena pada dasarnya PKKMB ini tidak dibenarkan bila ada perguruan tinggi menyerahkan kegiatan sepenuhnya kepada peserta didik senior, tanpa ada proses pembimbingan dan pendampingan yang memadai. Sehingga PKKMB di UF jauh dari bentuk aktivitas perpeloncoan oleh senior, kekerasan fisik, dan atau psikis,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PPKMB Universitas Faletehan, Agus Sustiyono mengatakan, PPKMB sangat penting dalam fungsi pendidikan tinggi. Sebab perguruan tinggi memiliki tanggung jawab besar dalam membimbing mahasiswa baru menghadapi masa depan.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman bermutu dan aman. Dengan tema ‘Be A Smart, Become A Problem Solving and Reborn Generation in 5.0 Society Era’ mencerminkan semangat perubahan dan kualitas pendidikan tinggi universitas kami,” katanya.

Agus juga mengungkap bahwa di PKKMB juga mendukung kebijakan ‘Merdeka Belajar–Kampus Merdeka’ untuk memperluas kebebasan mahasiswa dalam memilih mata kuliah dan berinteraksi.

“Selamat datang kepada mahasiswa baru Universitas Faletehan Tahun Akademik 2023/2024. Mari bersama-sama menjelma menjadi generasi yang siap menghadapi masa depan dengan integritas, semangat perubahan, dan kemampuan yang mumpuni. Terima kasih dan selamat bergabung di Universitas Faletehan,” paparnya.

Reporter: Syirojul Umam

Editor: Sutanto Ibnu Omo

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait