Masih Banyak ASN Belum sesuai Bidang

Salah satu Akademisi Untirta Prof. Suwaib Amiruddin. Foto Dani Mukarom/Banten Ekspres

SERANG, BANTENEKSPRES.CO.ID – Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Prof. Suwaib Amiruddin menilai masih banyak aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Banten, khususnya di Kota Serang tidak sesuai bidang yang dibutuhkan.

“Saya kira sudah jelas ya, bahwa setiap penerimaan itu ada formasi-formasi berdasarkan dengan kebutuhan, cuma memang pada saat perjalanannya, di birokrasi itu kan masih ada politik. Kadang ada orang yang diangkat tapi tidak sesuai,” ucap Suwaib, Minggu (6/7/2023).

Bacaan Lainnya

Suwaib menjelaskan bahwa birokrasi di Indonesia dominan digerakkan oleh kepentingan politik, sehingga ketika memilih ASN pun masih sarat dengan kepentingan politis.

“Jadi siapa yang dekat dengan pimpinan nah dia dapat dan siapa yang jauh dari pimpinan, waduh kayaknya mental lagi,” jelasnya.

Ia mengungkapkan pada saat terjadi lelang jabatan, penting untuk melihat bidang keilmuan serta keahlian dari seorang calon ASN, untuk efektivitas dan produktivitas dalam bekerja.

“Dalam lelang jabatan salah satu item yang paling penting itu adalah latar belakang keilmuannya, karena itu akan menjaga fungsinya,” katanya.

Selain itu, ia juga menilai bahwa profesionalisme seorang ASN tidak cukup hanya melihat bagaimana seorang ASN bekerja, akan tetapi juga perlu juga melihat seberapa paham ASN tersebut memahami terkait bidang profesi yang dikerjakan.

“Sebenarnya kalau profesionalisme itu bukan dilihat dari aspek kemampuannya bekerja, tetapi dilihat dari sejauh mana dia memahami apa yang dia kerjakan,” katanya.

Menurutnya, ASN saat ini hanya melaksanakan apa yang diperintahkan atasan, bukan berdasarkan kemampuannya dalam menguasai tugas dan fungsinya.

“ASN kita sekarang ini lebih banyak menjalankan berdasarkan dengan identitasnya saja, tapi berdasarkan dengan tugas dan fungsinya belum dilaksanakan dengan baik. Tapi secara identitas itu dia berjalan. Sehingga banyak yang bekerja karena perintah bukan karena tugas dan fungsinya,” ucapnya.

Suwaib mengungkapkan, ASN  harus punya perencanaan dan punya gagasan. Jadi seorang ASN perlu memiliki rencana dan gagasannya sendiri untuk kemudian bisa mendapatkan hasil dari rencana dan gagasan yang dirinya gagas sendiri.

Seorang ASN yang professional, kata Suwaib, perlu memiliki pendidikan yang baik dan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keahliannya.

Menurutnya, ASN di Kota Serang yang merupakan ibukota Provinsi Banten harus menjadi contoh bagi para ASN di kota dan kabupaten lainnya.

Reporter: Dani Mukarom

Editor: Sutanto Ibnu Omo

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait