Erik Tohir Diminta Teruskan Bersih-bersih BUMN

DISKUSI: Puluhan mahasiswa foto bersama usai diskusi tentang Publik Era Transformasi BUMN: Komitmen Anti Korupsi di Kafe Lebjar, Senin (9/10).

SERANG, BANTENEKSPRES – Puluhan mahasiswa dari Kota Serang meminta agar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Tohir sikat bersih pelaku korupsi di perusahaan milik negara.

Bacaan Lainnya

Menurut mereka, selama ini banyak perusahaan plat merah yang merugi akibat oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Presiden Platform Mahasiswa BangET, Rafli Maulana mengatakan, tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh sejumlah oknum di BUMN banyak merugikan para pekerja, terutama pensiunan yang telah mengabdi hingga puluhan tahun. Namun, sayangnya hak mereka direnggut oleh oknum tak bertanggung jawab.

“Kami menyoroti terkait korupsi yang terjadi di empat perusahaan berplat merah. Bagaimana para pekerja yang telah bekerja hingga puluhan tahun, dana pensiunnya diambil oleh oknum yang tidak memiliki hari nurani,” katanya, Selasa 10 Oktober 2023.

Sebagai mahasiswa, mereka meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk melakukan sapu bersih terhadap oknum-oknum tersebut yang tentunya, berdampak buruk dan merugikan negara. Khususnya, bagi para pegawai atau pensiunan pemerintahan itu sendiri.

“Kami meminta Pak Erick Thohir untuk melakukan bersih-bersih terhadap oknum-oknum di BUMN,” ujarnya.

Menurut dia, langkah yang dilakukan Erick Thohir sebagai pimpinan atau Menteri BUMN yang telah menyerahkan berkas bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) adalah upaya kongkrit dalam memberantas korupsi di lingkungan BUMN.

“Dan ini menjadi pekerjaan serius kejaksaan agung (Kejagung) terkait penyerahan berkas hasil audit BPKP. Langkah Erick Thohir memang sudah tepat,” tuturnya.

Selain itu, para mahasiswa yang tergabung dari sejumlah universitas di Kota Serang juga mendesak serta mendorong Kejagung, BUMN, BPKP, serta KPK dan pihak Kepolisian untuk mempercepat proses tersebut. “Kami mendorong untuk mengusut tuntas adanya korupsi di BUMN,” ucapnya.

Ketua BEM UPI Serang Muhammad Dafa menuturkan, kapabilitas Erick Thohir sebagai menteri BUMN diapresiasi oleh generasi muda dalam menyoroti kasus korupsi besar salah satunya PT Garuda Indonesia, Asabri, dan PT Antam Mulia.

“Dari ketiga point ini membuktikan Erick Thohir sangat reformis dan pemberani dalam memberantas kasus korupsi di BUMN,” tuturnya.

Reporter : Dani Mukarom

Editor : Andy

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait