16 Jabatan Eselon III Ditinggal Pensiun

Eselon III
Kepala BKPSDM Kabupaten Serang Surtaman. (AGUNG GUMELAR/BANTEN EKSPRES)

SERANG — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang mengungkapkan, bahwa akan ada sebanyak 16 jabatan di eselon III Pemkab Serang yang bakal mengalami kekosongan. Hal itu dikarenakan, pejabat yang mengisi jabatan tersebut pada Februari 2024 akan masuk masa pensiun.

Kepala BKPSDM Kabupaten Serang Surtaman mengatakan, ke 16 jabatan pada eselon III itu tersebar di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Serang, mulai dari jabatan sekertaris dinas, kepala bidang, hingga sekertaris kecamatan. Sehingga, untuk rencana pengisiannya akan dipercepat dengan menyesuaikan agenda pimpinan daerah.

Bacaan Lainnya

“Untuk waktu kapan pengisiannya, kita belum pastikan yang jelas di tahun ini dan disesuaikan dengan agenda pimpinan daerah. Pejabat yang pensiun itu, tersebar di dinas hingga kecamatan, yang jabatannya mulai dari sekretaris dinas, kepala bidang hingga sekretaris kecamatan,” katanya melalui telepon seluler, Selasa (9/1).

Surtaman mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat serta mendiskusikannya dengan tim penilik kinerja untuk memulai tahapan pengisian kekosongan jabatan akibat ditinggal pensiun. Tidak hanya itu, pihaknya juga bakal membuat rekomendasi terkait seseorang yang dinilai mempunyai potensi untuk menduduki posisi jabatan yang ditinggalkan pejabat sebelumnya.

“Setiap tiga bulan sekali kita kumpul bersama tim penilik kinerja, untuk menyusun serta menentukan seseorang yang dinilai pantas menduduki jabatan yang ditinggalkan, ketika ada kekosongan jabatan dan siapa yang bakal menggantikan. Setelah itu, hasilnya dilaporkan ke pimpinan daerah agar dapat menentukannya,” ujarnya.

Jika ditotalkan secara keseluruhan, kata Surtaman, akan ada 400 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Serang yang bakal memasuki masa pensiun di 2024, yang berasal dari profesi guru sekitar 200 orang, tenaga kesehatan sekitar 70 orang, serta tenaga admnistrasi dan lainnya. Menurutnya, tahun ini merupakan yang paling banyak ASN Pemkab Serang memasuki masa pensiun, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Sehingga, kami berharap pemerintah pusat dapat membuka rekrutmen CPNS, agar dapat ditempatkan di Pemkab Serang. Saya menerima informasi bahwa, MenPAN RB telah menghadap Presiden Joko Widodo agar dibuka formasi CPNS, dari fresh graduate yang baru lulus kuliah. Kita tunggu hasilnya, nanti kita sampaikan juga berapa kebutuhan ASN di Kabupaten Serang, tentu dengan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Karir pada BKPSDM Kabupaten Serang Hanang Huri Handoko menjelaskan, dimulai pada Januari 2024 ada 12 pejabat eselon III yang pensiun ditambah Februari nanti ada empat yang pensiun maka totalnya ada 16 pejabat eselon III pensiun.

Untuk jabatan sekretaris dinas ada tiga yang kosong yaitu, Sekretaris Satpol PP, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD), dan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang.

“Untuk jabatan eselon II kecuali jabatan Sekda telah terisi semua, apabila Disdukcapil Kabupaten Serang sudah dilakukan pengisian. Sedangkan, untuk jabatan eselon III nanti akan kita mulai pengisian agar tidak terjadi kekosongan jabatan di Pemkab Serang,” katanya. (agm/and)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait