15 Perumahan Diterjang Banjir, Diguyur Hujan Tiga Hari

15 Perumahan
Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan menaiki perahu karet meninjau lokasi banjir Bukit Pamulang Indah Pamulang, Sabtu (6/1) dini hari. (foto: miladi amhad cemol/ banten ekspres)

TANGSEL — Tiga hari berturut-turut Kota Tangsel diguyur hujan deras. Mulai Jumat (5/1) sore hingga malam, Sabtu (6/1) dari sekitar pukul 15.00 WIB hingga maghrib dan Minggu (7/1) siang. Akibatnya, setidaknya ada 15 lokasi diterjang banjir.

Lokasi terparah banjir terjadi di Kecamatan Pamulang. Yakni di wilayah Kelurahan Pamulang Barat dan Pamulang Timur. Di Pamulang Barat banjir terjadi di Perumahan Reni Jaya Baru dan Benda Baru. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel M. Faridzal Gumay mengatakan, hujan deras yang terjadi selama tiga hari itu, membuat 15 titik mengalami banjir.

Bacaan Lainnya

“Ketinggian air dari 20 sentimeter hingga 1,5 meter. Kalau banjir hari Jumat malam banyak terjadi di Pamulang tapi, kalau Sabtu sore banyak terjadi di Ciputat, Ciputat Timur dan Pondok Aren,” ujarnya, Minggu (7/1). Gumay menambahkan, menambahkan lokasi banjir di antaranya terjadi di Perumahan Reni Jaya, RW 17 dan 20 Kelurahan Pamulang Barat dengan ketinggian air mencapai 20 sampai 150 cm.

Terdapat sekitar 180 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir tersebut. “Ini banjir dengan ketinggian air tertinggi,” jelasnya. Selanjutnya, banjir terjadi di Perumahan BPI Blok A, B dan F Kelurahan Pamulang Timur. Ketinggian air sekitar 30 sampai 80 cm. Ada 200 KK yang terdampak. Kemudian Perumahan MA di RW 6 dan 7 Kelurahan Pamulang Timur dengan ketinggian air 30 sampai 90 cm, ada 160 KK terdampak.

“Kemudian banjir juga terjadi di Perumahan Pamulang Asri2, RW 9 Kelurahan Serua Indah, Ciputat dengan ketinggian air 30 sampai 120 cm. Ada 140 KK yang terdampak banjir ini,” tambahnya.

Faridzal menjelaskan pihaknya saat ini memprioritaskan wilayah yang terendam banjir dengan ketinggian di atas 40 sentimeter. Sebab, menurut dia, ketinggian di bawah 40 sentimeter masih diduga hanya genangan.

BPBD Kota Tangsel belum memiliki angka pasti berapa jumlah warga atau KK terdampak akibat kondisi tersebut. Sementara, sehari sebelumnya, BPBD melaporkan 1.330 KK yang sempat terdampak, dan 75 di antaranya sempat mengungsi. Jumlah tersebut mencakup 14 titik banjir yang sempat merendam kawasan tersebut.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan beserta jajaran langsung meninjau dan memberikan bantuan ke beberapa titik yang terdampak di wilayahnya. Seperti di Serua Indah, BPI Pamulang dan Reni Jaya, pada Sabtu (6/1) dini hari.

Pilar memastikan, masyarakat dalam kondisi aman dan pihaknya telah memberikan sejumlah bantuan. “Kami pastikan bantuan terdistribusikan. Baik paket sembako, maupun perahu karet untuk evakuasi warga dan hal lainnya,” ujarnya.

Pilar juga memastikan pompa air di semua titik rawan banjir dalam kondisi aktif. Bahkan pekerjaan pembangunan tanggul, tandon dan saluran drainase masih berjalan. Sehingga meyakini kondisi banjir akan surut dan teratasi.

“Kami juga menyiagakan petugas, baik dari BPBD, Damkar, Satpol PP, ada dinsos juga, dibantu perangkat kewilayahan. Masyarakat juga tetap waspada karena curah hujan dengan intensitas sangat tinggi masih terjadi,” tambahnya.

Sementara itu, untuk mengatasi banjir, Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel menurunkan pompa untuk melakukan penyedotan air diberbagai titik.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga Bina Konstruksi Kota Tangsel Robby Cahyadi mengaku, salah satunya pihaknya menurunkan pompa air di wilayah Namara Residence, Pamulang, pada Sabtu (6/1). “Instruksi Pak Wali Kota untuk segera melakukan penanganan salah satunya melalui penyedotan air melalui pompa,” singkatnya.

 

TITIK BANJIR

1. Perumahan Reni Jaya
– Lokasi : RW 17 dan 20
– Tinggi Air : 20-150 cm
– Warga Terdampak : 180 KK

2. Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI)
– Lokasi : Blok A, B dan F
– Tinggi Air : 30-80 cm
– Warga Terdampak : 200 KK

3. Perumahan Pamulang Indah MA
– Lokasi : RW 6 dan 7
– Tinggi Air : 30-90 cm
– Warga Terdampak : 160 KK

4.Perumahan Pamulang Asri 2
– Lokasi : RW 9
– Tinggi Air : 30-120 Cm
– Warga terdampak : 140 KK

5. Perumahan Cipayung Mas
– Lokasi : RT 3, RW 4

6. Perumahan Pondok Hijau
– Lokasi : Blok A dan B

7. Perumahan Rosewood
– Lokasi : RT 04, RW 09

8. Panti Yatim Piatu Jalan Aria Putra

9. Perumahan Vila Gunung Lestari

10. Perumahan Puri Bintaro Indah

11. Perumahan PKP
– Lokasi : RW 8

12.Gang Haji Dani, Pondok Kacang Barat
– Lokasi : RT1, RW1

13. Perumahan Pondok Safari
– Lokasi : RW 15

14. Perumahan Deplu, Pondok Betung
– Lokasi : RT13, RW 10

15. Perum Ciputat Baru
– Jalan Kenanga RT 05, RW 08

 

TITIK LONGSOR
– Cluster Harmonia Perumahan Villa Pamulang, RT 06, RW 05 Pamulang
– Bakti Jaya RT, RW 5 Kelurahan Bakti Jaya, Setu
– Perumahan Pondok Maharta RT 3, RW 4, Pondok Kacang Timur
– Perumahan Pondok Maharta RT 1, RW 10, Pondok Kacang Timur

(bud)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait