SDN Pangkalan I, Eskul Penting untuk Pengembangan Bakat

ESKUL: Siswa SDN Pangkalan I saat mengikuti eskul sepak bola untuk mengembangkan potensi bakat yang mereka inginkan. (Randy/Banten Ekspres)

TANGERANG — Pentingnya ekstra kulikuler (eskul) untuk siswa SD sangat berpengaruh kepada semangat dan juga mengembangkan ke terampilan pada siswa. Selain itu, eskul juga bisa sebagai wadah siswa untuk menyalurkan bakat mereka di luar pendidikan akademis.

SDN Pangkalan I membebaskan siswa dan men­dorong siswa untuk ikut eskul sekolah. Hal ini untuk pengembangan diri mereka agar mereka bisa berkembang. Pasalnya, eskul merupakan salah satu cara untuk mengembangkan potensi diri para siswa.

Bacaan Lainnya

Kepala SDN Pangkalan I Endah Suhaedah me­ngatakan, eskul di sekolahnya tidak banyak, hanya beberapa saja seperti sepak bola, Pramuka dan menari. Kendati demikian, eskul-eskul tersebut sudah bisa membuat para siswa menyalurkan bakat mereka, ataupun hanya sekedar meluangkan waktu usai belajar di sekolah.

”Eskul memang sangat penting bagi siswa usia dini. Ini untuk mendorong mengambangkan potensi yang mereka milik. Bahkan eskul juga, menjadi sarana siswa untuk menyalurkan hobi setelah mereka mengikuti kegiatan belajar meng­ajar,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (10/1).

Endah menambahkan, para siswa juga bebas memilih eskul yang mereka inginkan, tetapi paling banyak yakni sepak bola dan juga Pramuka. Pilihan tersebut, atas kemauan mereka sendiri dan tidak ada paksaan dari guru ataupun orangtua mereka.

”Sejauh ini, para siswa sangat semangat ketika eskul digelar. Mereka bisa mengekspresikan diri mereka saat eskul. Seperti sepak bola, bagi siswa laki sangat bersemangat karena mereka latihan dan hasilnya mereka bisa ikut pertan­dingan,” paparnya.(ran)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait