SDN Jatimulya I Ajarkan Siswa Bercocok Tanam

BERCOCOK TANAM: Siswa SDN Jatimulya I melalukan cocok tanam untuk belajar bercocok tanam secara langsung. (Randy/Banten Ekspres)

TANGERANG — SDN Jatimulya I mengajarkan siswa­nya berco­cok tanam untuk bisa menge­tahui bagaimana proses tum­buhan tumbuh. Hal ter­sebut untuk menambah pe­ngetahuan siswa agar tahu bagaimana pro­­sesnya.

Selain itu, dengan bercocok tanam siswa juga bisa secara langsung untuk mendapatkan ilmu pengetahuan alam. Jika dengan teori, maka mereka akan tidak tahu banyak.

Bacaan Lainnya

Kepala SDN Jatimulya I Santi Dwi mengatakan, para siswa diajarkan karena mereka masih banyak ingin tahu. Jadi harus diberikan arahan agar mereka bisa lebih tau dan tidak pe­nasaran.

”Kebetulan di sekolah ini ada lahan untuk bercocok tanam, maka itu, harus diberikan pe­ngetahuan agar mereka paham. Dari situ, siswa akan paham bagaimana prosesnya dan tahu jenis tumbuhan yang ada,” ujar­nya kepada Banten Ekspres, Selasa (9/1).

Santi menambahkan, para siswa diajarkan langsung agar mereka juga bisa menghargai tumbuhan. Pasalnya, anak usia dini tidak mengetahui secara pasti apa yang harus dilakukan mengenai tumbuhan.

”Dengan diajarkan mereka bisa menghargai tumbuhan, mana yang harus di rawat dan mana yang harus di bersihkan. Jadi, mereka bisa lebih baik da­lam peduli terhadap ling­kungan,” paparnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini ta­naman yang ada hasil buah tangan siswa. Mereka senang dalam melakukan kegiatan be­lajar di taman. Karena, me­reka bisa langsung melakukan perta­nian.

”Kita ingin siswa tau bagai­mana bisa prosesnya, jadi bukan hanya hasilnya. Meraka bisa lebih paham dan bisa di lakukan di rumah. Dengan itu, kita bisa yakin bahwa siswa akan paham jenis tum­buhan yang ada,” tutupnya.(ran)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait