Permainan Tradisional Tingkatkan Motorik Siswa

PERMAINAN TRADISIONAL: Siswa SDN Kosambi I saat mengikuti kegiatan permain dan perlombaan tradisional untuk melatih mereka. (Randy/Banten Ekspres)

TANGERANG — Permainan yang dilakukan siswa saat kegiatan belajar mengajar sangat bermanfaat. Pa­salnya, dengan melakukan perma­inan bisa meningkatkan motorik siswa dan juga meningkatkan se­mangat para siswa.

Seperti yang dilakukan SDN Ko­sambi I. Mereka selalu mengadakan perlombaan dan permainan untuk para siswa. Lewat cara tersebut, bisa meningkatkan kemampuan dan membuat siswa lebih aktif.

Bacaan Lainnya

Kepala SDN Kosambi I Kurniah mengatakan, perlombaan dan per­mainan untuk siswa sangat baik. Permainan tradisional ini jangan dianggap remeh karena permain dan perlombaan yang dilakukan siswa banyak sekali manfaatnya. Salah satunya, meningkatkan moto­rik dan semangat siswa.

”Beberapa permainan tradisional sering kita lakukan, agar siswa bisa lebih aktif dan juga lebih se­mangat dalam belajar mereka. Jadi jangan anggap permainan itu sebuah ma­salah bagi siswa jadi malas, malah justru baik untuk siswa,”ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Sabtu (6//1).

Kurniah menambahkan, beberapa permainan tradisional memang bisa membantu siswa dalam ke­aktifan siswa. Selain itu, bisa me­ningkatkan kekompakan siswa ka­rena mereka dibuatkan kelompok untuk mengikuti permainan terse­but.

”Mereka akan mempunyai tang­gungjawab karena dibuat kelompok dan harus bisa menang. Kita bisa melatih mereka dengan cara ini. Dan juga, bisa membuat siswa tetap sehat karena masuk dalam katagori olahraga,”paparnya.

Ia menjelaskan, siswa juga bisa sportif karena meraka harus bisa menjaga sportifitas, dan tidak boleh melakukan kecurangan saat meng­ikuti perlombaan dan permainan yang sekolah buat.

”Mereka punya komitmen tidak akan curang. Kita selalu ingatkan bahwa Kecurangan tidak baik. Jadi apapun hasilnya, mereka akan per­caya diri bahwa mereka bisa,” tu­tupnya.(ran)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait