Kontrol Emosi Siswa, Pacu Semangat Belajar

BIMBINGAN: Guru SDN Kedu I saat membimbing siswa dalam kegiatan sekolah untuk mengontrol emosi siswa. 9Randy/Banten Ekspres)

TANGERANG — Siswa SD mem­punyai emosi yang harus dikendalikan, dan itu menjadi tugas sekolah untuk bisa me­ngontrol serta mengendalikan emosi siswa agar bisa terarah dan teratasi dengan baik.

Pemahaman emosi adalah tugas sosial yang sangat penting. Ini agar siswa dapat merespon kejadian di sekitarnya dengan emosi yang tepat. Tanpa hal ini, akan sulit bagi siswa untuk menempatkan dirinya di ling­kungan sosial dan memiliki sikap prososial.

Bacaan Lainnya

Kepala SDN Kadu I Emi Sri Indah Sari mengatakan, SD ada­lah masa sekolah yang paling pan­jang. Siswa mengalami masa kanak-kanak, pra puber­tas, dan remaja awal selama di bangku Sekolah Dasar. Maka itu, harus dikendalikan dan dikontrol emosi siswa.

”Di sinilah interaksi sosial siswa berkembang pesat. Me­reka punya teman-teman baru, dan mulai menjalin memiliki hubungan jangka panjang. Hubungan pertemanannya pun lebih kompleks, dan pastinya diwarnai dengan selisih pa­ham,” ujarnya kepada Banten Ekspres, Kamis (25/1).

Emi menambahkan, untuk bisa mengontrol emosi siswa guru yang ada harus bisa mem­perhatikan mereka, karena jika tidak maka akan bisa melakukan tindakan yang semaunya dan juga bisa menggangu kegiatan belajar mengajar.

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait