Kegiatan Pramuka SDN Bojong Renged IV, Belajar Mandiri dengan Berkemah

Berkemah
MANDIRI : Siswa SDN Bojong Renged IV, melakukan camping sebagai pembelajaran kemandirian yang dilakukan oleh para siswa. (Randy/Banten Ekspres)

TANGERANG — Untuk meningkatkan kemandirian siswa, SDN Bojong Renged IV membiarkan siswanya untuk mengikuti kegiatan Pramuka dan melakukan camping. Hal tersebut, sebagai latihan siswa untuk bisa mandiri.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa diajarkan bagaimana bisa mandiri dalam menghadapi situasi tanpa bantuan orang tua mereka. Ini lantaran saat berkemah, mereka harus mengerjakan sesuatu dengan sendiri dan harus bisa melakukan pekerjaan bersama kelompok.

Bacaan Lainnya

Kepala SDN Bojong Renged IV Tuti Rahayu mengatakan, kegiatan Pramuka bisa membuat siswa lebih mandiri. Mereka melakukan aktivitas tanpa ada bantuan orang tua mereka dan hanya melakukan kegiatan bersama teman sekelasnya.

“Dari kegiatan tersebut, para siswa bisa lebih mandiri. Karena, kegiatan seperti memasak, tidur, dan juga kegiatan lainnya mereka semua kerjakan sendiri tanpa ada bantuan orangtua mereka,”ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (4/1).

Tuti menambahkan, para siswa juga dilakukan pemantauan langsung. Para guru pembina hanya memantau tanpa harus turun tangan untuk mengikuti kegiatan para siswa yang dilakukan di area perkemahan.

“Jadi, guru hanya mengarahkan saja dan tidak terlibat dalam kegiatan mereka. Agar, para siswa bisa mengerjakan sendiri dan tidak tergantung kepada siapapun serta bisa lebih mandiri,”paparnya.

Ia menjelaskan, kemandirian siswa harus dilatih sejak dini, agar mereka terbiasa dimanapun mereka berada dengan situasi kondisi yang mereka hadapi. Jadi, jika mereka mandiri maka apapun yang dilakukan bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan siapapun.

“Kita sengaja latih kemandirian mereka, alhamdulillah siswa saya semua bisa mengerjakan tugas sendiri dan mereka tidak mencari orangtua mereka. Itulah pentingnya mendidik mereka mandiri, tanpa didikan kemandirian mereka akan malas dan tergantung pada orang lain,”tutupnya. (ran)

 

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait