IKA UPI Gelar Workshop Penulisan

WORKSHOP: Sejumlah peserta mengikuti workshop secara virtual, Rabu (23/2).

PANDEGLANG – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Psokologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar kegiatan workshop penulisan buku popular bertajuk “Tumbuh dan Belajar diatas Kekuatan Diri”. Workshop yang digelar secara virtual tersebut diikuti 139 peserta dari seluruh Indonesia, Rabu (23/2).

Ketua IKA Psikologi Pendidikan SPs UPI, Fikri Tanzil Mutaqin menyampaikan, agenda workshop ini merupakan fasilitas bagi rekan mahasiswa maupun akademisi yang sedang menyusun pembuatan buku popular guna menyederhanakan istilah pendidikan supaya bisa dipahami oleh masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Ini sebagai fasilitasi untuk teman-teman yang sedang menulis buku populer yang khusus ditulis oleh mahasiswa dan alumni psikopend. Tapi kegiatan workshop juga dibuka untuk umum dan alhamdulillah peserta yg hadir dari berbagai daerah di Indonesia,” kata Fikri, kepada sejumlah wartawan.

Fikri melanjutkan, IKA Psikopend dan Tim Penulisan juga mengucapkan terimakasih atas antusiasnya bergabung dalam program perdana IKA menulis. “Sedikit cerita tentang tujuan program ini dilaksanakan. Salah satunya untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan kajian kita di psikologi pendidikan secara lugas dan santai yg kemudian bisa dibaca oleh masyarakat umum,” ujar Fikri.

Lanjutnya, sebagai praktisi, akademisi dan peneliti psikologi pendidikan yang telah memberikan sumbangsih kepenulisan secara ilmiah (artikel, jurnal, tesis, dan lain sebagainya), namun terkadang hanya sampai pada meja akademik.

“Kami menangkap bahwa masyarakat umum  perlu mendapatkan akses informasi dan kajian tentang Psikopend dengan narasi hangat santai,” imbuhnya.

Dia berharap, dengan adanya agenda tersebut, bisa memberikan inspirasi bagi para penulis buku popular supaya semakin memberikan manfaat bagi dunia akademisi maupun masyarakat.

“Mudah-mudahan setelah selesai penulisan ini, ika akan kembali mengadakan bedah buku hasil dari penulisan yang sudah dilakukan,” papar Fikri.(mg-5/and)

 

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait