Dana Kampanye Parpol: Laporan Kurang Lengkap, Banyak yang Dikembalikan

PENDAFTARAN: Partai politik peserta pemilu melakukan pendaftaran caleg di KPU Kabupaten Tangerang. Calon legislatif juga wajib melaporkan dana kampanye. (Asep/Banten Ekspres)

TIGARAKSA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang menerima laporan awal dan kampanye (LADK) dari partai peserta pemilu. Namun, ada laporan dana kampanye dikembalikan usai dila­kukan pemeriksaan.

Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Divisi Teknis Shandy Akbar mengatakan, ada beberapa dokumen yang tidak diunggah ke sistem informasi kampanye dan dana kampanye (Sikadeka). Karena itu, kata dia, dokumen laporan dana kampanye dikembalikan untuk dilakukan perbaikan hingga 12 Januari.

Bacaan Lainnya

”Ada kuitansi tak diunggah ke Sikadeka, bahkan tak ada tanda tangan di kuitansinya. Ada juga yang buku rekening atau tabungan tak di uggah oleh admin parpol. Sifatnya hanya administrasi dan itu terjadi di semua parpol,” jelasnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (10/1/2023).

Lanjutnya, perbaikan administrasi laporan dana kampanye harus dilengkapi oleh partai politik hingga 12 Januari. Bila tak dilengkapi, akan di­nyatakan diskualifikasi sesuai dengan peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2023 Tentang Dana Kam­panye.

”Sifatnya wajib, karena bila ada caleg yang tak melaporkan dana kampanye di Sikadeka. Maka, meskipun terpilih tak bisa dilantik alias didiskuali­fikasi. Kami berikam waktu tambahan untuk perbaikan hingga 12 Januari,” jelasnya.

Ia menjabarkan, kelengkapan dokumen yang dinilai kurang kemungkinan admin partai politik kelelahan. ”Satu partai politik itu satu admin. Karena lupa dan kelelahan akhirnya dokumen yang harusnya diunggah tak diunggah ke sistem. Itu saja mungkin faktornya,” jelasnya.(sep/apw)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait