Persiapan PON XXI Aceh Sumut, Angkatan Lifter Banten Naik 3 Kilogram

Angkat Besi

SERANG — Memasuki tahun 2024 lifter angkat besi Banten terus digembleng agar bisa sukses di PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024. Hasilnya, sudah dirasakan saat menggelar tes angkatan di akhir tahun 2023 tepatnya pada 31 Desember 2023.

Hasil tes angkatan dalam rangka melihat perkembangan latihan menunjukkan peningkatan yang bagus. Rata-rata lifter yang menjalani tek mengalami peningkatan total angkatan naik hingga 3 kilogram.

Bacaan Lainnya

Ketua PABSI Banten Muhamad Yasin didampingi Manajer tim PON Banten Haridoyo menuturkan dalam tes angkatan yang digelar akhir tahun ini, sejumlah atlet menunjukkan peningkatan angkatan dibandingkan kisaran 4 bulan lalu saat menggelar tes angkatan di Tangerang.

“Tes angkatan ini merupakan tes rutin yang kami lakukan kisaran 3 hingga 4 bulan sekali untuk melihat data terbaru angkatan atlet setelah menjalani latihan yang kami programkan,” ungkap Yasin.

Ditambahkan Haridoyo, jika dalam tes angkatan kemarin misalnya angkatan snatch untuk kelas 64 kilogram atas nama Yuda terahir 117 kilogram dan clean and jerk kisaran 137 maka dalam tes terbaru mampu mengangkat snatch mencapai 119 dan angkatan clean and jerk 140 kilogram.

“Rata-rata memang mengalami kenaikan di angkat tersebut untuk atlet yang lainnya. Ini menandakan kemampuan mereka meningkat dan akan terus berkembang untuk tes selanjutnya,” jelas Haridoyo.

Ia menambahkan untuk meningkatkan angkatan atlet bukan hal yang mudah karena butuh kekuatan otot dan latihan rutin. Untuk angkat besi sendiri tidak bisa dipungkiri jika latihan tidak teratur dan pola latihannya tidak bagus tidak akan angkatan meningkat.

“Pola latihan tidak bisa dibohongi. Sejauh ini atlet telah mengikuti program yang telah diberikan pelatih. Saya berharap terus meningkatkan latihan agar angkatan semakin bagus lagi empat bulan ke depan,” tegasnya.

Tes angkatan sendiri diikuti oleh kisaran delapan atlet pria dan eam atlet wanita yang digelar di Buldog Gym mulai pagi hingga sore pukul 16.00 WIB. Yang mengikuti tes angkatan ini selain atlet yang akan berkiprah di PON XXI di Aceh-Sumut juga diikuti atlet PPLP.

“Kami fokuskan juga untuk atlet PON yang akan berangkat. Hasilnya angkatan mereka juga mengalami peningkatan namun tidak banyak. Masih ada waktu dan kami akan mengejar latihan agar angkatan mereka bisa maksimal sehingga nanti bisa pulang membawa medali dari PON,” imbuh dia.

Saat ini yang perlu dilakukan yakni mereka terus berlatih mengikuti program yang telah diterapkan oleh pelatinya agar angkatan mereka terus bisa maksimal dan bisa tembus di level nasional nantinya. (hendra/apw)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait