Dampak Gempa Bumi Lebak, 8 Rumah dan 1 Gedung Sekolah Rusak

Dampak
TERDAMPAK GEMPA : Relawan BPBD Lebak saat melihat gedung SDN 1 Bendungan yang terdampak gempa. (Foto : A Fadilah/Banten Ekspres)

LEBAK — Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak melaporkan ada 8 rumah warga dan satu gedung sekolah rusak akibat gempa yang terjadi pada Rabu (3/1) pukul 07.53 WIB.

“Update sementara ada 8 rumah dan 1 gedung SD yang terdampak dan mengalami kerusakan, saat ini kami masih menunggu informasi selanjutnya dari teman-teman yang memonitoring di seluruh wilayah,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak Febby Rizki Pratama kepada wartawan, Kamis (4/1/).

Bacaan Lainnya

Lanjut dia, 8 rumah rusak itu berada di Kecamatan Malingping 3 rumah, Kecamatan Cirinten 1 rumah, Kecamatan Cijaku 1 rumah dan Kecamatan Lebak Gedong 1 rumah, di Kecamatan Bayah 1 rumah dan Kecamatan Cibeber 1 rumah.

Sedangkan gedung sekolah yang terdampak dan mengalami keretakan pada tembok yaitu SDN 1 Bendungan, Kecamatan Banjarsari.

“Semua wilayah di Lebak termasuk rawan gempa, beberapa rumah yang rusak ini karena kondisi struktur bangunannya sudah tua dan rapuh,” terang Febby.

Dikatakan Febby, dari delapan rumah yang terdampak tersebut tujuh rumah mengalami rusak ringan dan satu rumah rusak sedang. Sedangkan sarana sekolah kerusakannya sedang.

“Hasil pantauan relawan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa gempa kemarin,” ujarnya.

Febby mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan mengupdate informasi dari sumber yang terpercaya.

“Tetap waspada tapi jangan panik, dan tidak langsung percaya pada informasi yang belum jelas sumbernya,” imbaunya.

Sesi, Relawan BPBD Kecamatan Banjarsari menambahkan, rumah dan bangunan sekolah yang terdampak gempa sudah dilaporkan kepada Pemkab Lebak melalui desa, kecamatan dan BPBD.

“Kami terus memantau sejumlah kampung dan desa yang dinilai rawan bencana, hingga hari ini (kemarin) aktivitas warga berjalan normal seperti biasa,” ucapnya. (fad)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait