Terminal Poris Plawad Dipadati Pemudik, Kapolres: Waspada Tindak Kejahatan

Terminal Poris Plawad Dipadati Pemudik, Kapolres: Waspada Tindak Kejahatan
Kapolres Metro Tangerang Kota Monitoring Terminal Poris Plawad. Sabtu (6/1). (Credit : Ahmad Syihabudin/Banten Ekspres)

TANGERANG — Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho Bersama Waka Polres AKBP Yolanda Evalyn Sebayang  melakukan monitoring dan pengecekan personel pengamanan pada pos Pengamanan (pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) dalam operasi Ketupat 2024.

Terdapat 5 Pos Pengamanan dan 3 Pos Pelayanan didirikan di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya. 8 Pos tersebut didirikan guna memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Kapolres mengatakan, Kegiatannya pada 4 hari menjelang Hari Raya Lebaran Idulfitri di pospam dan posyan mudik 2024 ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel menghadapi arus mudik.

“Hari ini di H -4 lebaran Idulfitri, saya lihat sudah terjadi peningkatan penumpang cukup signifikan di terminal Poris Plawad. Tadi juga telah diberangkatkan sebanyak 25 bus mudik gratis dari kementerian perhubungan (Kemenhub). Dan untuk besok, ada 75 Bus Gratis,” kata Zain kepada awak media usai mengunjungi Posyan di Terminal Poris Plawad. Jum’at (6/4/2204).

Dalam monitoring yang dilakukan, Kapolres juga berkesempatan menemui para kru bus yakni Pengemudi dan Kernet. Ia pun mengingatkan mereka untuk selalu berhati-hati. Kata Zain apabila mengantuk dan lelah segera istirahat jangan dipaksakan.

Patuhi aturan lalu lintas, pengemudi dan kernet bus mudik diminta meng-update informasi terkait perkembangan arus lalulintas di beberapa ruas jalan yang akan dilalui.

“Termasuk kita menginginkan para penumpang agar tetap waspada dan menjaga barang bawaannya. Apabila ada keluhan sakit bisa mendatangi posko pelayanan. Kita telah siapkan tenaga kesehatan yang sewaktu-waktu dapat membantu melakukan pemeriksaan secara medis,” tutur Kapolres.

Lalu, terhadap potensi tindak kejahatan yang timbul lantaran tingginya jumlah penumpang di terminal seperti pelaku copet, hipnotis, pelaku menggeser barang bawaan penumpang dan lain-lain sebagainya. Petugas juga secara siaga akan mengantisipasi hal tersebut.

“Ada 30 personil setiap harinya di Posyan. Terdiri dari TNI-Polri, Dishub, Satpol PP dan jajaran samping Senkom dan Pokdarkamtibmas, setiap waktu kita lakukan patroli rutin. Petugas juga akan selalu mengingatkan penumpang menjaga diri dan keselamatan barang bawaannya,” paparnya.

Usai melakukan pengecekan arus penumpang di terminal Poris Plawad, Cipondoh Kota Tangerang, Kapolres dan rombongan bergegas memonitoring pospam di lain yakni di area Mall TangCity, posyan Rest Area KM 14 Arah Tangerang-Jakarta. Lulu berakhir di pospam  Jalan Laksamana Yos Sudarso PIK 2 Aloha.

Berikut informasi 5 lokasi Pospam berada di Jalan Kisamaun, Jalan Jendral Sudirman, TangCity Mall, Jalan HOS Cokroaminoto, CBD Ciledug, Perumahan Magnolia Residences, Jatake dan Jalan Laksamana Yos Sudarso PIK 2 Aloha.

Sementara  3 Posyan berada, di Terminal Poris Plawad, Rest Area KM 14 Arah Tangerang-Jakarta dan Rest Area KM 13,5 Pinang Arah Jakarta – Merak.

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait