Pengamanan Mudik 2024 di Rest Area Tangerang, Polisi Gelar Patroli Sepeda

Pengamanan Mudik 2024 di Rest Area Tangerang, Polisi Gelar Patroli Sepeda
Patroli Sepeda Polres Metro Tangerang Kota Kelilingi Rest Area. (Credit : Ahmad Syihabudin/Banten Ekspres)

TANGERANG — Beri kenyamanan dan keamanan pemudik lebaran idulfitri 1445 hijriah, 2024, Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya menggelar patroli polisi bersepeda di Rest Area KM 13, 5 dan 14 arah Merak-Jakarta dan Jakarta-Merak di Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan variasi sistem pengamanan di kawasan rest area melalui Patroli sepeda tersebut dilakukan secara random oleh petugas. Sebab, rest area merupakan lokasi rawan gangguan tindak kejahatan seperti pecah kaca, hipnotis maupun copet pada saat pemudik sedang istirahat maupun sedang ibadah dan makan.

Bacaan Lainnya

“Patroli dengan menggunakan sepeda ini tujuannya agar lebih menjangkau lokasi-lokasi tertentu di kawasan rest area yang cukup padat kendaraan dari gangguan Kamtibmas dan beri himbauan lebih optimal,” kata Zain, Minggu (7/4/2024)

Sembari berkeliling, petugas terdiri dari unsur Polisi, TNI, Dishub dan Satpol PP dibantu jajaran samping Senkom maupun Pokdarkamtibmas ini terus menyambangi dan memberi himbauan para pengguna kendaraan yang tengah beristirahat selama menempuh perjalanan mudik.

“Kita sapa mereka yang beristirahat agar tetap selalu waspada, tetap menjaga kesehatan dan menjaga barang bawaan dari kejahatan pecah kaca mauoun kejahatan lainnya. Bila ada pemudik yang sakit kita siapkan pelayanan kesehatan di Posyan yang bisa disinggahi pemudik di dua rest area tersebut,” jelasnya.

Menurut Zain, Patroli sepeda itu memiliki kelebihan dibanding patroli dengan menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil patroli, salah satunya adalah lebih fleksibel dan mudah menjangkau lokasi terkecil di sekitar rest area.

“Ini lebih fleksibel, karena bisa menjangkau berbagai lokasi dengan mudah. Mulai dari area perparkiran, daerah SPBU, pusat perbelanjaan maupun tempat kuliner yang disinggahi para pemudik di rest area tersebut,” kata dia.

Tentunya, keberadaan patroli sepeda ini akan melengkapi patroli kendaraan bermotor yang selama ini sudah berjalan pada operasi ketupat 2024. Sebanyak 1.416 pasukan gabungan dikerahkan selama masa operasi berlangsung mulai 4-16 April 2024 ini.

“Selamat mudik bagi seluruh masyarakat, tetap patuhi peraturan lalulintas, jadikan keselamatan yang utama. Silahkan update informasi terkait perkembangan arus lalulintas di beberapa ruas jalan yang akan dilalui melalui kanal maupun akun resmi Kemenhub maupun Korlantas Polri,” pungkasnya.

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait