Potensi Bencana Kabupaten Tangerang, Banjir, Longsor dan ROB

Potensi Bencana Kabupaten
Warga Kelurahan Petir, Cipondoh harus mengungsi akibat rumahnya diterjang banjir.

TIGARAKSA — Cuaca tidak sedang baik-baik saja. Cuaca ekstrem masih mengancam. Kabupaten Tangerang memiliki tiga potensi bencana alam. Banjir, tanah longsor, dan banjir ROB di pesisir utara.

Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang mewaspadai tiga potensi bencana tersebut. Hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) potensi hujan lebat patut diwaspadai. Hujan lebat akan menyebabkan banjir, longsor dan luapan air laut ke darat atau ROB.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan BPBD Kabupaten Tangerang Agun Guntara mengatakan, komunikasi intens dengan BKMG dilakukan untuk memantau kondisi cuaca hingga sepekan ke depan maupun secara harian. Ia memaparkan, laporan kondisi cuaca berpotensi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah Kabupaten Tangerang.

“Karena laporan dari BMKG, kita monitoring dan waspada akan banjir dan rawan longsor. Semua petugas di pos BPBD juga ikut memantau. Waspada bencana hingga sekarang kita di banjir dan longsor,” jelasnya, Rabu (10/1). Karena itu, kata dia, BPBD melakukan komunikasi perkembangan terkini kondisi pintu air batu belah Bogor. Tak hanya itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Peil Pemantau ROB di Tanjung Priok.

“Karena kan warga kami di Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga rawan terkena banjir ROB. Kita juga koordinasi dan komunikasi dengan pemantau ROB,” jelasnya. Adapun, perkiraan cuaca Kabupaten Tangerang laporan dari BMKG Wilayah II Tangerang memiliki potensi hujan lebat. Yakni, pagi Cerah Berawan – Berawan. Siang potensi hujan sedang di Cisauk, Pagedangan, Legok, Panongan, Jambe, Tigaraksa, Balaraja, Cisoka, dan hujan Ringan di Rajeg, Sindangjaya, Pasarkemis, Sepatan, Sepatan Timur.

Malam hari potensi hujan ringan di Kresek, Sukamulya, Balaraja, Sindangjaya, Rajeg, Pasarkemis; Sepatan, Sepatan Timur. BMKG juga dalam laporannya, ada peringatan dini. Warga diminta waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Tangerang bagian tengah dan selatan. (sep)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait