Masyarakat Diminta Jangan Bakar Lahan Sembarangan

SAMBUTAN: Bupati Lebak saat memberikan sambutan pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pendopo, Rabu (4/10).

LEBAK, BANTENEKSPRES.CO.ID – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengimbau kepada warga untuk tidak membakar lahan secara sembarangan. Imbauan tersebut, karena timbul kekhawatiran dapat terjadi kebakaran, apalagi di musim kemarau seperti saat ini, potensi kebakaran bisa terjadi karena banyak ranting ranting dan daun kering yang mudah terbakar serta dapat merambat dengan cepat keberbagai areal.

Kata Iti, saat musim kemarau ini, potensi kebakaran lahan sangat besar. Terlebih di Lebak juga sudah terjadi dibeberapa wilayah, namun beruntung kebakaran lahan tersebut dapat dipadamkan.

Bacaan Lainnya

“Saya mengimbau kepada seluruh warga untuk tidak membakar lahan ketika akan membuka lahan baru. Karena pada saat musim kemarau, terpadat ranting ranting atau kayu yang mudah terbakar dan khawatir apinya menyebar dengan cepat keberbagai areal,” kata Iti, dihadapan ratusan pegawai dilingkungan Pemkab Lebak, saat memberikan sambutan pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pendopo, Rabu (4/10).

Masih kata Iti, saat ini juga di Lebak mengalami kekeringan diberbagai wilayah, serta sumber sumber sumber air mulai surut. Sehingga air bersih sudah mulai langka, jadi akan lebih bermanfaat jika pasokan air bersih dibagikan kepada warga, ketimbang digunakan untuk memadamkan api akibat kebakaran lahan.

Untuk membantu warga mendapatkan pasokan air bersih kata Iti, pemerintah daerah terus memberikan bantuan pasokan air ke seluruh daerah. Sehingga selama warga membutuhkan air, maka pihaknya akan terus memasok sesuai permintaan.

“Air bersih sudah mulai langka. Jadi warga kini sangat membutuhkan pasokan air, nah kita berikan bantuan kepada warga yang ada di seluruh wilayah Lebak,” ucap Iti.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizki Pratama membenarkan jika saat ini pihaknya masih mengirimkan bantuan pasokan air bersih kepada warga. Kata dia, selama ada permintaan, maka ia akan segera mengirimkan pasokan air bersih

Febby mengimbau kepada warga agar mengirimkan surat permohonan bantuan air bersih kepada Pemkab Lebak sesuai prosedur dengan cara melalui pemerintah desa, serta melampirkan jumlah data masyarakat yang akan dibantu air bersih.

Sampai saat ini kata Febby, berdasarkan data yang ada di BPBD Lebak, jumlah bantuan air bersih yang telah di distribusikan ke masyarakat sekitar 907.960 liter yang menjangkau 90 Desa dengan jumlah jiwa atau penerima sekitar 72.156 jiwa atau setara dengan 18.039 kepala keluarga.(*)

Reporter : A. Fadilah

Editor : Andy

SAMBUTAN: Bupati Lebak saat memberikan sambutan pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pendopo, Rabu (4/10).

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait