Iti Minta Program Upsus Pajale Diteruskan

TERIMA KUNJUNGAN: Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat menerima kunjungan dari Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Di Pendopo Pemkab Lebak, Salasa (22/2).

LEBAK – Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya berharap Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pertanian Banten tetap meneruskan program Upaya Khusus Peningkatan Produksi Komoditas Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale).

Karena kata Iti, keberadaan program tersebut dirasakan manfaatnya juga sangat membantu Kabupaten Lebak. Menurutnya, program Upsus Pajale sangat cocok diterapkan, mengingat  Lebak merupakan daerah yang hijau, subur, serta strategis untuk dijadikan daerah pertanian.

Bacaan Lainnya

“Saya berharap Pemprov Banten meneruskan program Upsus Pajale. Karena, sangat bermanfaat bagi masyarakat, terlebih Lebak sangat cocok untuk dijadikan tempat bertani,” kata Iti, ketika menerima kunjungan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten,  Agus M Tauchid, di Pendopo Pemkab Lebak, Selasa (22/2).

Selain itu kata Iti, program Upsus Pajale merupakan kegiatan yang sangat lengkap dan mendidik. Karena, pembinaan yang diberikan pemerintah kepada petani sangat jelas dan terukur, lantaran mulai dari cara penggarapan, hingga pemasaran hasil produksinya, petani selalu dipantau dan diberikan pendampingan.

Bahkan, petani atau masyarakat diberikan jaminan penyediaan Alsintan, bibit, sehingga jalan masyarakat untuk sukses menjadi lebih terbuka. Dengan begitu, Iti berharap kedepan adanya regenerasi petani, serta menimbulkan minat anak muda di Lebak untuk menjadi petani, sehingga dikemudian hari terjadi swasembada pangan.

“Keberhasilan program Upsus Pajale tersebut nantinya bisa menggugah masyarakat untuk giat bertani. Apalagi keberhasilan itu bisa mendorong anak anak muda di Lebak untuk gemar bertani, bukan tak mungkin kita bisa swasembada pangan, dan secara perlahan mengurangi impor hasil pertanian,” ucap Iti.

 

Menanggapi permintaan Iti, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M Tauchid memberikan apresiasi kepada Pemkab Lebak yang telah serius melaksanakan program Upsus Pajale. Dengan begitu kata Agus, program Upsus Pajale diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Semoga program Upsus Pajale menjadi pemantik semangat kita semua, tentu saja peran aktif Bupati Lebak dalam menggugah masyarakat menjadi salah satu keberhasilan program ini. Kita berharap ini juga merupakan peluang bagi kita untuk menjadikan kedaulatan pangan di Banten,” ucap Agus M Tauchid.(mg-5/and)

 

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait