FK KIM Kota Serang Diminta Cegah Hoaks

Asisten Daerah (Asda) III Kota Serang Kusna Ramdani bersama Kepala Diskominfo Kota Serang Arif Rahman Hakim saat membuka Pelantikan dan Pengukuhan FK KIM Kota Serang di Teras Meeting Unbaja, Kota Serang, Kamis (25/5/2023). FOTO DANI MUKAROM/BANTEN EKSPRES

BANTENEKSPRES.CO.ID – Forum Kelompok Komunikasi Informasi Masyarakat (FK KIM) diminta dapat menangkal berkembangnya berita bohong (hoaks) yang beredar di tengah warga.

Hal itu disampaikan Asisten Daerah (Asda) III Kota Serang Kusna Ramdani saat membuka Pelantikan dan Pengukuhan FK KIM Kota Serang Masa Bhakti 2023-2026, di Teras Meeting Unbaja, Kota Serang, Kamis (25/5/2023).

Bacaan Lainnya

Kusna mengatakan, hoaks sangat membahayakan warga bila sebuah informasi ditelan mentah-mentah, tanpa diketahui kebenarannya.

Diharapkan peran dan fungsi FK KIM Kota Serang dapat menyampaikan informasi yang benar kepada warga.

“Kadang masyarakat lapisan bawah itu kan tidak menyaring informasi. Hoaks ini kan berbahaya. Jadi dengan adanya KIM ini, salah satunya bisa menyampaikan informasi yang positif, yang baik, yang benar yang sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya,” ujarnya.

Kusna menjelaskan, peran dan fungsi FK KIM adalah untuk menyampaikan informasi program dan hasil pembangunan Kota Serang kepada warga. Selain itu, FK KIM juga dapat menyampaikan informasi atau aspirasi warga kepada Pemkot Serang.

“FK KIM bisa menyampaikan informasi-informasi pembangunan, bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah, sehingga masyarakat di lapisan bawah pun informasi itu bisa sampai,” ucapnya.

Kusna menerangkan, jenis informasi yang disampaikan FK KIM kepada warga, salah satunya perihal program dan hasil pembangunan Pemkot Serang.

“Kalau KIM ini dibentuk dari dan oleh masyarakat untuk masyarakat, jadi di masyarakat sendiri kalau ada potensi di daerahnya bisa diinformasikan kepada pemerintah daerah,” katanya.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kota Serang, Arif Rahman Hakim mengatakan, FK KIM memiliki peran dan fungsi dalam menyebarkan informasi terkait program dan pembangunan Kota Serang kepada warga.

“Peran fungsi KIM ini kelompok informasi masyarakat pewarta atau penyebar luasan informasi kepada masyarakat. KIM ini kan tumbuh dari masyarakat. Tugas fungsi perannya menyebarluaskan informasi-informasi pembangunan, kebijakan, dan juga pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Menurut Arif, anggota pengurus FK KIM Kota Serang saat ini kurang lebih 35 orang dan anggota terbanyak berada di Kecamatan Walantaka.

“Ini tersebar di seluruh Kota Serang ada 35 kelompok informasi masyarakat yang paling banyak di Walantaka. Karena memang di sana lebih banyak penggiat-penggiatnya seperti pemberdayaan masyarakat, penggiat lingkungan,” katanya. (mg-08/tnt)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait