DPR RI dan Kemensos Kirimkan Bantuan untuk Korban Banjir Kota Serang

MENYERAHKAN: Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto (kiri) didampingi oleh Dirjen Linjamsos Pepen Nazaruddin (kanan) memberikan kepada korban banjir di Kaujon, Kota Serang, Selasa (1/3).

SERANG – Setelah Kota Serang dihantam banjir DPR RI dan Kementerian Sosial (Kemensos RI) langsung menerjunkan bantuan untuk korban yang tengah mengungsi di beberapa posko.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Komisi VIII, DPR RI, Dapil Banten II, Yandri Susanto yang didampingi oleh Dirjen Linjamsos Pepen Nazaruddin kepada korban banjir di Kaujon, Serang, Banten, Selasa (1/3).

Bacaan Lainnya

Bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji sebanyak 600 paket, makanan anak 400 paket, lauk pauk siap saji 400 paket, family kit 200 paket, tenda gulung 50 lembar, selimut 200 lembarz matras 200 unit, dan air minum kemasan 30 dus.

Yandri Susanto mengatakan, dirinya langsung berkoordinasi dengan Kemensos usai menerima laporan banjir pagi hari di Kota Serang. Dengan begitu pihaknya bersama Kemensos langsung terjun langsung untuk mengirimkan bantuan kepada korban terdampak banjir.

“Kami bawa banyak bantuan yang dibutuhkan oleh warga yang mengungsi, ada handuk selimut, kasur, makanan siap saji, termasuk juga untuk bayi,” katanya kepada wartawan.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut akan diberikan kepada enam titik dengan pengungsi mencapai 2.500 orang. Bantuan yang diberikan merupakan bentuk respon cepat atas bencana yang terjadi di Indonesia, Banten pada khususnya.

“Intinya kita merespon cepat dengan kemensos, dan komisi VIII yang membidangi sosial dan kebencanaan Alhamdulillah langsing diterima warga,” ujarnya.

Tak hanya itu pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan pihak RT RW dan pihaknya lainnya, hal itu guna merespon apa yang dibutuhkan oleh warga yang terdampak bencana banjir. “Kira-kira apa yang dibutuhkan lagi, misalnya celana, dan lainnya nanti akan kita bantu,” terangnya.

Yandri juga cukup prihatin dengan kejadian yang ada di Kota Serang, bahkan baru pertama terjadi sejak tahun 1974 lalu. “Ini mengagetkan kita semua, dan perlu ada koordinasi semua pihak baik Kemensos BNPB TNI polri, termasuk juga dengan pemerintah daerahnya, jadi harus kita padupadankan,” ungkapnya.

Sementara itu, warga terdampak, Anton Nara mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kemensos dan DPR RI. Paling tidak stok untuk makan dapat mencukupi dalam sementara waktu. “Alhamdulillah sudah kebantu dengan bantuan ini, makanan Alhamdulillah,” katanya.

Meski begitu, pihaknya juga membutuhkan bantuan lain secara segera, seperti pakaian orang dewasa, dan air bersih. Sebab seluruh pakaian yang dimiliki terendam air banjir. “Pakaian dewasa yang sangat dibutuhkan karena terendam semua, minta air bersih juga, karena tidak ada air bersih,” jelasnya. (mam)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait