Dinkop UKM Banten Targetkan 400 Koperasi Bankable

Dinkop
Kepala Dinkop UKM Provinsi Banten, Agus Mintono saat diwawancara di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, belum lama ini. (SYIROJUL UMAM/ BANTEN EKSPRES)

SERANG — Dinas Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Provinsi Banten menargetkan setidaknya ada 400 koperasi yang sudah bankable atau memenuhi persyaratan untuk mengakses produk-produk keuangan yang disediakan oleh perbankan.

Kepala Dinkop UKM Provinsi Banten, Agus Mintono mengatakan, bahwa tahun ini pihaknya menargetkan Koperasi yang ada di Banten sudah bankable, paling tidak memenuhi syarat untuk memperoleh pinjaman di bank.

Bacaan Lainnya

“Tahun ini target kita bisa menangani dan membina 400 koperasi yang bisa memperoleh pinjaman dari bank,l,” katanya, Minggu (14/1).

Ia menjelaskan, permasalahan koperasi cukup kompleks, jauh sebelum koperasi menuju bankable, banyak koperasi yang tidak aktif. Bahkan dalam catatannya pada November 2023, hampir 50 persen koperasi binaan atau 250 koperasi tidak aktif.

Lebih lanjut, dari ratusan koperasi yang tidak aktif itu, paling banyak disebabkan karena mereka tidak menggelar rapat akhir tahun (RAT). Padahal, RAT adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh koperasi.

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait