Rangkaian HUT ke-14 RSU Kota Tangsel Gelar Donor Darah

HUT ke-14 RSU Kota Tangsel
DARI KIRI KE KANAN: Kasie Penunjang Medis Lydia Ita Kumala, Kabid Pelayanan Medis Lanna Marita, PMI Tangsel Suhara Manulang, Kabid Keperawatan Taufik Dipa Sempana, Kasi Pelayanan Medis Ronald Adrianto foto bersama usai donor darah.

PAMULANG — Dalam rangka HUT ke-14 Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel menggelar donor darah. Donor darah yang dilaksanakan di Auditorium Lantai 8 Gedung 3 RSU Kota Tangsel, Selasa (6/5/2024).

Dalam donor darah tersebut, RSU Kota Tangsel kerjasama dengan PMI Kota Tangsel. Kepala Bidang Pelayanan Medis pada RSU Kota Tangsel Drg. Lanna Marita mengatakan, donor darah dilakukan dalam rangka HUT ke-14 Kota Tangsel.

Bacaan Lainnya

“HUT ke-14 RSU Tangsel jatuh pada 7 April,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (7/5/2024).

Lanna menambahkan, donor darah tersebut diikuti peserta dari karyawan RSU Tangsel dan juga masyarakat umum. “Kita rutin lakukan donor darah dan kita kolaborasi dengan PMI Tangsel. Target kita dapat 75 kantong tapi, yang daftar 56 orang dan yang lolos hanya 46 orang,” tambahnya.

Menurutnya, donor darah tidak hanya dilakukan saat HUT RSU Kota Tangsel namun, saat HUT Kota Tangsel juga. “Rangkaian HUT RSU Tangsel selain donor darah ada rencana perlombaan-perlombaan, seperti lomba inovasi dan ini akan kita lakukan bulan ini,” jelasnya.

Lanna mengaku, donor darah rutin dilaksanakan tiap tahun. “Kegiatan ini dilakukan bukan tanpa tujuan. Darah merupakan aspek yang penting dan sangat dibutuhkan dalam dunia kesehatan,” tutupnya.

HUT ke-14 RSU Kota Tangsel
Petugas melakukan pengambilan darah saat kegiatan donor darah yang dilakukan RSU Kota Tangsel, Selasa (7/5/2024).

Sementara itu, Kepala UDD PMI Kota Tangsel Suhara Manullang mengatakan, salah satu tugas PMI adalah menjamin ketersediaan darah. “Untuk jamin ketersediaan darah ini ada dua pola kegiatan yang kita lakukan, yakni statis dan mobile,” ujarnya.

Suhara menjamin ketersediaan darah di PMI Tangsel. “Untuk Tangsel PMI per bulan permintaan atau kebutuhan darah 4.000 kantong. Per hari 100 sampai 125 kantong yang harus kita disiapkan,” tambahnya

Menurutnya, masyarakat yang datang ke PMI Kota Tangsel juga meningkat sekitar 300 persen. “Yang datang ke markas tiap hari 65 orang. Kalau Sabtu Minggu bisa 100 kantong darah per hari,” ungkapnya.

Mantan Direktur RSU Kota Tangsel ini mengaku, donor darah bagi pendonor itu banyak manfaatnya. “Darah kita umurnya 120 hari itu diperbaharui menjadi darah muda. Jadi daripada dipecah lebih baik didonorkan, kemudian darah terangsang tiap dua bulan sekali untuk membentuk yang baru lagi,” ungkapnya.

“Darah-darah yang tua itu ada kadar besi yang bisa mengganggu jantung, pembuluh darah itu akan tersaring. Jadi donor darah untuk kesehatan tubuh sangat baik,” tutupnya. (adv)

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait