Dikatakan, PPIH ketika ditanah air bukannya fokus melayani jamaah haji melainkan malah turut menjadi jamaah haji dan mengabaikan tugas yang sebenarnya.
Meski demikian, dalam layanan pemenuhan makanan termasuk menunya tahun ini lebih baik dari sebelumnya. ”Kalau makan kita makmur, cuma kita mengeluhkan petugas pelayanan jamaah haji itu, yang terlihat petugas kesehatan saja,” tandasnya lagi.
Dia berharap, Kementerian Agama dalam melakukan perekrutan PPIH lebih ketat dan lebih selektif lagi agar jamaah haji mendapatkan pelayanan secara optimal. Kesigapan petugas sangat dibutuhkan para jamaah yang mengalami masalah di tanah suci.
”Kasian banyak orang yang sudah sepuh, ada yang tertinggal, akhirnya kita-kita yang muda yang sibuk, ada yang butuh bantuan, kita sama temen yang muda bantuin temen yang sudah sepuh itu, kita kan gak enak kalau cuek juga, petugas pelayan kemana kita juga gak tahu,” katanya